oleh

Kunjungan Industri ke IIB Darmajaya, Kepala SMKN 1 Denteteladas ini Sarankan Siswanya Lanjut Kuliah

GR (BANDARLAMPUNG) – Ratusan pelajar SMKN 1 Denteteladas Tulang Bawang melakukan kunjungan industri ke PTS Terbaik di Sumatra, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Kamis (3/2/22).

Rombongan SMKN 1 Denteteladas dipimpin Kepala Sekolah Susanto, M.T. dan mereka langsung mengikuti tour kampus dengan dipandu dosen dan mahasiswa pelayanan penerimaan mahasiswa baru.

Sebanyak 103 orang dengan rincian 81 siswa dan 22 guru pendamping berasal dari Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kepala SMKN 1 Denteteladas Susanto mengucapkan terima kasih karena telah diterima dengan baik di Kampus IIB Darmajaya. “Kampus ini bisa meluluskan gelar sarjana dengan waktu 3,5 tahun. Kalian tidak perlu ragu, banyak lulusan kampus swasta ini yang menjadi pegawai negeri. Contohnya, saya lulusan dari swasta,” ucap dia mengawali sambutannya.

Menurutnya, perguruan tinggi swasta sekarang setara dengan perguruan tinggi negeri. “Saya merekomendasikan bila kalian berminat. Nanti bila ada MoU bisa ada beasiswa khusus. Ini juga menjadi kemudahan untuk kalian yang ingin melanjut ke perguruan tinggi IIB Darmajaya,” imbuhnya.

Baca Juga:  TP PKK Pesisir Barat Studi Tiru Penanganan Stunting Ke Kabupaten Lampung Selatan

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Zaidir Jamal, S.T., M.Eng., mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari SMKN 1 Denteteladas ke IIB Darmajaya.
“Kuasailah ilmu dan teknologi itu untuk mencapai kesuksesan. Jadi, adik-adik yang ingin studi lanjut dapat melanjutkan lagi ke kampus terbaik di Sumatera ini,” ungkapnya.

Menurut dia, kuliahnya juga tidak begitu sulit karena SMK itu ‘Bisa’. Bisa bekerja langsung dan bisa juga melanjutkan kuliah. Dosen Prodi Sistem Komputer ini juga berharap dengan kunjungan ini dapat menambah wawasan dari siswa/i SMKN 1 Denteteladas.

“Semoga kunjungan ini menambah wawasan kalian. Dan kerja sama ini juga bisa dikembangkan lagi dengan bidang lainnya, seperti penelitian dan pengabdian masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I., menerangkan prospek lulusan Sistem Komputer IIB Darmajaya di dunia kerja. “Sekarang mahasiswa dapat berkuliah di perguruan tinggi mitra di dalam dan luar negeri dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkapnya.

Baca Juga:  Kain Sulam Jelujur Khas Pesawaran Lampung Dipamerkan Di Dubai

Mahasiswa/i Prodi Sistem Komputer, lanjut dia, banyak yang kuliah di perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri. “Ada satu mahasiswa kuliah di tiga perguruan tinggi dan tinggal di Malang, kemarin, dalam pertukaran mahasiswa kampus merdeka,” ujarnya.

Dibyo–biasa dia disapa–melanjutkan mereka semua tidak hanya kuliah, tetapi juga mengenal budaya daerah setempat. “Kuliahnya juga dibayarin oleh negara. Jadi, sekarang banyak yang senang karena kuliah dibayarin negara dan sudah pasti bisa jalan-jalan,” imbuhnya.

Dia menambahkan mahasiswa Prodi Sistem Komputer juga banyak memiliki prestasi daerah, nasional maupun internasional. “Ada yang finalis Gemastik, mekhanai di Provinsi Lampung, dan kuliah di luar negeri. Jadi, adik-adik tidak perlu khawatir untuk berprestasi di segala bidang juga difasilitasi,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.