Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com Media Online Aspirasi Publik Tue, 02 Jun 2020 23:33:51 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.1 https://gerbangrepublik.com/wp-content/uploads/2018/08/cropped-logo-GR-copy-2-32x32.png Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com 32 32 177189825 2 Rumah Ibadah Di Sukoharjo Peroleh Bantuan Dana https://gerbangrepublik.com/2-rumah-ibadah-di-sukoharjo-peroleh-bantuan-dana/03/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/2-rumah-ibadah-di-sukoharjo-peroleh-bantuan-dana/03/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 23:33:51 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19139 GR (SUKOHARJO) – Dua tempat ibadah di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Lampung memperoleh bantuan dari pemerintah daerah setempat. Kedua tempat ibadah yang

The post 2 Rumah Ibadah Di Sukoharjo Peroleh Bantuan Dana appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (SUKOHARJO) – Dua tempat ibadah di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Lampung memperoleh bantuan dari pemerintah daerah setempat.

Kedua tempat ibadah yang diberikan bantuan masing-masing senilai Rp 10 juta yang diserahkan oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, Selasa (2/6/20), masing-masing Mushola Baitul Makmur Pandansari dan Mushola Ar-Ridho Panggungrejo Utara. Selain dana, juga turut diserahkan bantuan masker bagi para jamaah.

Fauzi didampingi Sekretaris Kecamatan Sukoharjo Yuni dan kapekon setempat berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya bagi kepentingan mushola diantaranya untuk melengkapi sarana peribadatan yang ada.

Terkait pandemi Covid-19, orang nomor dua di Pringsewu ini meminta jamaah dan warga untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah, serta protokol kesehatan yang ada. Termasuk mengantisipasi DBD di masa pandemi Covid-19 ini, agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk penyebab DBD. (*/ Prokopim Pemkab Pringsewu/ Isnanto Hapsara)

The post 2 Rumah Ibadah Di Sukoharjo Peroleh Bantuan Dana appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/2-rumah-ibadah-di-sukoharjo-peroleh-bantuan-dana/03/06/2020/feed/ 0 19139
Bupati Dendi Serahkan BLT – DD Secara Simbolis Di Kecamatan Tegineneng https://gerbangrepublik.com/bupati-dendi-serahkan-blt-dd-secara-simbolis-di-kecamatan-tegineneng/03/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/bupati-dendi-serahkan-blt-dd-secara-simbolis-di-kecamatan-tegineneng/03/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 23:29:45 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19136 GR ( Pesawaran) – Bupati Dendi Ramadhona menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa ( DD)) Kabupaten Pesawaran kepada

The post Bupati Dendi Serahkan BLT – DD Secara Simbolis Di Kecamatan Tegineneng appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR ( Pesawaran) – Bupati Dendi Ramadhona menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa ( DD)) Kabupaten Pesawaran kepada kepala keluarga sebesar Rp 600 ribu perbulan di balai desa Trirahayu Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

BLT -DD yang digelontorkan melalui Dana Desa masing masing kepala keluarga akan menerima selama tiga bulan berturut – turut dengan jumlah yang sama .

Kepada awak media Bupati Dendi Ramadhona, Selasa 2 Juni 2020 mengatakan, untuk BLT -DD dari jumlah yang diterima oleh masyarakat sudah digelontorkan lebih dari 50 persen tersalurkan.

” Anggaran BLT merupakan anggaran Dana Desa yang semula untuk pembangunan infrastruktur, karena masyarakat saat ini dalam situasi Pandemik Covid -19, maka anggaran dialihkan untuk membantu masyarakat yang berdampak ekonomi. Mudah – mudahan bisa bermanfaat,” ujar Bupati Dendi Ramadhona.

Lebih lanjut masih menurut Dendi, BLT tersebut disalurkan ke 17.779 masyarakat se Kabupaten Pesawaran di 144 Desa, dan itu diluar penerima BPNT, PKH dan BST dari Kemensos.

Sedangkan Terkait adanya arahan dari Kemensos untuk adanya perpanjangan BLT DD, Dendi menjelaskan, bahwa hal itu sedang dalam persiapan dan melihat kemampuan masing- masing anggaran Desa.

“ kami masih menelaah dulu, apa anggaran desa masih bisa untuk dialihkan, hingga bulan September mendatang. Memang jumlahnya menurun hingga 300 ribu per KK bagi yang berdampak ekonomi akibat covid -19,” jelasnya.

Bupati Dendi juga meminta kepada masyarakat penerima BLT agar tetap mengikuti himbauan pemerintah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan dimasing-masing rumah dan lingkungannya.

“ Terapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan hindari kontak fisik serta hindari kerumunan. Pandemi virus covid-19, diharapkan segera berakhir agar seluruh aktifitas masyarakat dan pemerintah dapat kembali normal seperti sedia kala,” tambahnya (red)

The post Bupati Dendi Serahkan BLT – DD Secara Simbolis Di Kecamatan Tegineneng appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/bupati-dendi-serahkan-blt-dd-secara-simbolis-di-kecamatan-tegineneng/03/06/2020/feed/ 0 19136
Pemprov Lampung Soroti Anjloknya Harga Cabai Akibat Pandemi Covid-19 https://gerbangrepublik.com/pemprov-lampung-soroti-anjloknya-harga-cabai-akibat-pandemi-covid-19/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/pemprov-lampung-soroti-anjloknya-harga-cabai-akibat-pandemi-covid-19/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 13:27:21 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19133 GR (METRO) —– Pemerintah Provinsi Lampung menyoroti serius anjloknya harga cabai akibat pandemi Covid-19. Bahkan, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengimbau

The post Pemprov Lampung Soroti Anjloknya Harga Cabai Akibat Pandemi Covid-19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (METRO) —– Pemerintah Provinsi Lampung menyoroti serius anjloknya harga cabai akibat pandemi Covid-19. Bahkan, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengimbau warga membeli cabai dari petani dengan harga yang lebih manusiawi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat meninjau pertanian cabai di wilayah Metro, Selasa (2/6/2020).

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memilii efek domino pada berbagai sektor, tak hanya kesehatan tetapi juga dibidang ekonomi, dan lainnya.
“Tadi saya langsung berbincang dengan petani cabai yang hari ini harganya drop banget sebagai salah satu dampak pandemi Covid-19,” jelas wagub Nunik.

Wagub mengakui dampak pandemi Covid-19 berefek pada banyak kegiatan, seperti acara-acara rutin yang sering dilaksanakan, banyak restoran yang tutup, kegiatan massal banyak yang off, termasuk pada Hari Raya lalu. “Mungkin salah prediksi sehingga ketika panen raya harganya jadi anjlok,” ujar Wagub Nunik.

Namun demikian, lanjut Wagub Nunik, petani harus tetap semangat karena ke depan akan memasuki musik kemarau. Saat ini, banyak negara sudah menghentikan ekspor yang sifatnya produksi pertanian.

“Para petani Jangan putus asa, tetap semangat menanam. Insya Allah, Pemerintah akan memikirkan solusinya. Termasuk hari ini, kita mencoba membeli cabai dengan harga yang lebih manusiawi agar petani kita bisa tertolong,” ujar Wagub Nunik.

Wagub Nunik berharap warga mau membeli hasil pertanian dari petani Lampung dengan harga yang manusiawi.
“Belilah hasil pertanian dari petani lampung dengan harga yang manusiawi,” harap Wagub Nunik. (Adpim)

The post Pemprov Lampung Soroti Anjloknya Harga Cabai Akibat Pandemi Covid-19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/pemprov-lampung-soroti-anjloknya-harga-cabai-akibat-pandemi-covid-19/02/06/2020/feed/ 0 19133
Rapat Evaluasi Kegiatan Kementerian Pertanian, Kelautan Perikanan Anggaran 2020 Dihadiri Gubernur Arinal https://gerbangrepublik.com/rapat-evaluasi-kegiatan-kementerian-pertanian-kelautan-perikanan-anggaran-2020-dihadiri-gubernur-arinal/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/rapat-evaluasi-kegiatan-kementerian-pertanian-kelautan-perikanan-anggaran-2020-dihadiri-gubernur-arinal/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 11:53:05 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19129 GR (Lampung Selatan ) — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Rapat Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan di Dinas Lingkup Kementerian Pertanian, Kelautan

The post Rapat Evaluasi Kegiatan Kementerian Pertanian, Kelautan Perikanan Anggaran 2020 Dihadiri Gubernur Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (Lampung Selatan ) — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Rapat Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan di Dinas Lingkup Kementerian Pertanian, Kelautan & Perikanan Tahun Anggaran 2020, bertempat di Kebun PKK Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (02/06).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Asisten Perekonomian & Pembangunan Taufik Hidayat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kusnardi, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Fredy SM, serta perwakilan dinas/instansi teknis terkait.

Di dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura menyampaikan beberapa hal diantaranya, Persiapan Kunjungan Menteri Pertanian RI Ke Provinsi Lampung, Progres Program Kartu Petani Berjaya (PKPB), Perkembangan Luas Tanah, Produksi dan Produktivitas Komoditas Unggulan, dan Kondisi Ketersediaan Bahan Pangan Pokok/Strategis di Provinsi Lampung.

Adapun kunjungan kerja Menteri Pertanian yang direncanakan pada minggu kedua bulan Juli tahun 2020 memiliki beberapa agenda utama, yakni Gerakan Panen/Tanam padi sekaligus pencanangan kawasan serta perbenihan di Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah dengan areal seluas 4.038 Ha. Lokasi Panen Raya Padi seluas 300-350 Ha di Desa Trimurjo, Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Kemudian gerakan tanam cabai seluas 150 Ha di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, sekaligus peresmian bantuan alat pompa air permukaan Tenaga Surya bersumber dari CSR PT Bukit Asam. Lalu kunjungan ke lokasi budidaya pembibitan dan penggemukan sapi di PT Superindo Utama Jaya di Kota Metro, dan terakhir kunjungan ke area perkebunan tebu PT Gunung Madu Plantations (GMP) di Kabupaten Lampung Tengah. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

The post Rapat Evaluasi Kegiatan Kementerian Pertanian, Kelautan Perikanan Anggaran 2020 Dihadiri Gubernur Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/rapat-evaluasi-kegiatan-kementerian-pertanian-kelautan-perikanan-anggaran-2020-dihadiri-gubernur-arinal/02/06/2020/feed/ 0 19129
Bidang Pemerintahan, Firmansyah akan Wujudkan Smart City-Green City https://gerbangrepublik.com/bidang-pemerintahan-firmansyah-akan-wujudkan-smart-city-green-city/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/bidang-pemerintahan-firmansyah-akan-wujudkan-smart-city-green-city/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 11:44:35 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19126 GR (BANDAR LAMPUNG) — Menjadikan aparatur yang bersih, jujur, amanah dan kompeten di bidangnya adalah salah satu program bidang pemerintahan yang akan

The post Bidang Pemerintahan, Firmansyah akan Wujudkan Smart City-Green City appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (BANDAR LAMPUNG) — Menjadikan aparatur yang bersih, jujur, amanah dan kompeten di bidangnya adalah salah satu program bidang pemerintahan yang akan dijalankan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, dan Prof. Dr. Ir. RA. Bustomi Rosadi, M.S, jika diberi amanah memimpin Bandar Lampung 2021-2024.

Hal itu disampaikan Firmansyah Alfian, Selasa (2/6/2020). Menurut Firmansyah, program lain dalam bidang pemerintahan adalah menerapkan E-Govt di segala bidang pelayanan kepada masyarakat. “Dan, tentunya kami juga akan menjadikan kota berbasis Smart City guna pelaksanaan pemerintahan yang transparansi bagi seluruh stakeholder yang ada di Kota Bandar Lampung,” kata Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya itu.

Firmansyah didampingi Prof. Dr. Bustomi juga menjelaskan penerapan bidang pemerintahan lainnya adalah peningkatan dan pengembangan tempat wisata kota. Selain itu, penataan taman-taman kota, sehingga tercipta Green City.

“Yang tak kalah penting dalam bidang pemerintahan yang akan kami kembangkan adalah pelestarian budaya melalui kegiatan Pekan Seni dan Budaya. Mengingat, budaya lokal dan bauran budaya yang ada di Bandar Lampung memang harus dikembangkan,” kata Ketua Aptisi Wilayah II-B. Lampung ini.

Terkait bidang pembangunan lainnya, lanjut Firmansyah, yang akan menjadi program unggulan adalah bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, keagamaan, dan kepemudaan. “Sesuai visi dan misi saya bersama Prof Bustomi,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung itu. (**)

The post Bidang Pemerintahan, Firmansyah akan Wujudkan Smart City-Green City appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/bidang-pemerintahan-firmansyah-akan-wujudkan-smart-city-green-city/02/06/2020/feed/ 0 19126
Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Gunakan Protokol Kesehatan Covid – 19 https://gerbangrepublik.com/pilkada-serentak-9-desember-2020-gunakan-protokol-kesehatan-corona/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/pilkada-serentak-9-desember-2020-gunakan-protokol-kesehatan-corona/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 11:29:20 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19122 GR (KALIANDA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang. Untuk

The post Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Gunakan Protokol Kesehatan Covid – 19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (KALIANDA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang. Untuk pemukul suara akan jatuh pada 9 Desember 2020.

Menurut Deputi KPU, Purwanto Ruslan, Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, akan dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan Corona Virus Disease 19 alias Covid-19.

Hal itu membatalkan Purwanto Ruslan dalam konferensi video tentang pelaksanaan kegiatan pemilihan gubernur dan bupati / walikota bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020.

“Pemutakhiran data pemilihan yang dilakukan kita dari pintu ke pintu , akan dilakukan secara daring (dalam jaringan). Jadi tidak konvensional lagi. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir risiko penularan virus Covid-19 ditengah masyarakat yang diminta Pilkada, ”paparnya, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada pencalonan perseorangan, diminta akan dilakukan dengan menerapkan jarak fisik serta penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Semua kegiatan harus berpatokan pada protokol kesehatan. Jika seandainya harus mengundang perseorangan maka protokol tersebut harus ditaati, ”jelasnya lebih lanjut.

Pada kesempatan itu, Purwanto juga menyampaikan, bahwa pada sistem pemungutan suara akan dilakukan bergantian, lalu pindah jarak antarpemilihan. Sepertinya diharapkan tidak akan mengundang kerumitan masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Jika biasanya di TPS (Tempat Pemungutan Suara) bisa masuk sebanyak 25 orang ke dalam ruangan, maka nanti kita akan batasi 12 orang saja,” terangnya.

Selain itu, Purwanto menyebut, dalam pelaksanaan Pilkada pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tim gusus tugas. Terkait hak mata memilih masyarakat yang sedang melakukan karantina. Terkait dalam pelaksanannya akan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Memang sesuai dengan peraturan tidak boleh menghilangkan hak mata pilih. Namun kami akan berhubungan dengan tim gugus tugas terkait hal tersebut, ”ucapnya.

Diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini diterbitkan 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Awalnya, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September 2020. Namun, akibat pandemi Covid-19, tahapan Pilkada terhenti sementara. (Kmf/ptm-aap/ris)

The post Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Gunakan Protokol Kesehatan Covid – 19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/pilkada-serentak-9-desember-2020-gunakan-protokol-kesehatan-corona/02/06/2020/feed/ 0 19122
KONI Lamtim Persiapkan Atlit Menuju Porprov 2021 https://gerbangrepublik.com/koni-lamtim-persiapkan-atlit-menuju-porprov-2021/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/koni-lamtim-persiapkan-atlit-menuju-porprov-2021/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 10:43:18 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19119 GR (Sukadana) — New Normal, Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI) kabupaten Lampung Timur gelar rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di sekertariat KONI, komplek Pemada

The post KONI Lamtim Persiapkan Atlit Menuju Porprov 2021 appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (Sukadana) — New Normal, Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI) kabupaten Lampung Timur gelar rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di sekertariat KONI, komplek Pemada Lampung Timur.(02/06/20).

Rakortas dipimpin langsung Ketua KONI Lamtim Muhamnad Khadafi Azwar. SH di hadiri Sekertaris, Bendahara, Ketua harian dan seluruh unsur ketua bidang masing masing dalam rangka membahas Aset, Adrt dan rencana pengembangan Olah raga.

Dalam arahannya Muhammad Khadafi meminta kepada seluruh pengurus agar dapat bersinergi membangun komunikasi yang baik kepada seluruh Pengurus cabang olah olah raga yang ada di Lamtim.

“Saya berharap dan meminta agar seluruh pengurus KONI untuk melakukan komunikasi dan merangkul seluruh Cabor (Cabang olahraga_red) untuk mencapai target kita menjadi Juara di Pekan olahraga Provinsi tahun 2021 mendatang,” jelasnya, harap ketua KONI yang akrab di sapa Mas Khadafi.

“Selain itu aset Atlit – atlit yang punya potensi agar di catat untuk mempermudah pembinaannya karena seperti kita ketahui dampak pandemi Covid_19 terhadap KONI dan olahraga sangat terasa untuk itu
mari bersama kita mengahadapinya dengan tetap menjaga protokoker kesehatan,” tambahnya.

“menuju target Lampung Timur juara,kerja sama dan pembinaan terutama kepada cabor – cabor unggulan menjadi tanggung jawab kita bersama,
Koni adalah rumah kita,kita adalah satu kesatuan menuju Lampung Timur Juara”tegasnya.

Diketahui dalam rakor tersebut juga mendengarkan arahan dari dr.Satya Nugraha selaku ketua bidang kesehatan KONI tentang protokoler kesehatan mengadapi New Normal.(KMS)

The post KONI Lamtim Persiapkan Atlit Menuju Porprov 2021 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/koni-lamtim-persiapkan-atlit-menuju-porprov-2021/02/06/2020/feed/ 0 19119
Gubernur Arinal Kembangkan Agro Park Hadiah Kehormatan PT. Petrokimia Gresik https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-kembangkan-agro-park-hadiah-kehormatan-pt-petrokimia-gresik/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-kembangkan-agro-park-hadiah-kehormatan-pt-petrokimia-gresik/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 10:22:42 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19116 GR (LAMPUNG SELATAN)— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menanam pohon Kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) di Kebun PKK Agropark, Sabah Balau, Selasa pagi

The post Gubernur Arinal Kembangkan Agro Park Hadiah Kehormatan PT. Petrokimia Gresik appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (LAMPUNG SELATAN)— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menanam pohon Kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) di Kebun PKK Agropark, Sabah Balau, Selasa pagi (2/6/2020).

Pohon Kepel ini menjadi salah satu pohon langka di Indonesia karena dinilai pohon keraton yang hanya pantas ditanam di Istana Jogjakarta.

“Saya satu satunya Gubernur diberikan hadiah kehormatan pohon kepel ini saat melakukan kunjungan kerja di PT. Petrokimia Gersik pada Maret lalu, untuk itu saya akan menanan pohon yang hanya tumbuh dikeraton Yogyakarta ini untuk bisa kita dilestarikan Agropark PKK Provinsi Lampung,” ujar Gubernur.

Usai melakukan penanaman pohon dan mengelilingi Kebun PKK Agropark gubernur Arinal menggelar rapat Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan di Dinas Lingkup Kementerian Pertanian, Kelautan, dan Perikanan tahun anggaran 2020.

Gubernur Arinal meminta Bappeda dan Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Lampung untuk bersama mengembangkan PKK Agro Park Lampung. Tujuannya agar dapat menerapkan teknologi pertanian, pelestarian tanaman langka dan khas Lampung melalui inkubasi, sarana sosialisasi pembangunan pertanian, tempat pemasaran hasil pertanian di Provinsi Lampung.

“Bukan hanya sebagai tempat pertanian Agro Park ini juga saya harapkan mampu menjadi Taman hiburan rekreasi, dan Daerah Tujuan wisata baru serta menjadi lokasi pendidikan, Penelitian dan pengembangan Pertanian,”ujarnya

Arinal juga menjelaskan Provinsi Lampung sendiri harus bersyukur karena, karena semua PKK di Indonesia ini memiliki lahan mencapai 10 Hektare seperti yang dimiliki PKK Agropark Lampung ini.

“Oleh karena itu manfaatkan teknologi, pasar, dan SDM untuk mengembangkan diwilayah PKK ini menjadi idustri perdagangan, pariwisata, dan wilayah edukasi pendidikan dan penelitian,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Kusnardi menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan Persiapan Kunjungan Menteri Pertanian Republik Indonesia ke Provinsi Lampung, Telah berjalannya Progres Kartu Petani Berjaya
Dan Perkembangan Luas Tanam, Produksi dan Produktivitas Komoditas Unggulan. (Adpim)

The post Gubernur Arinal Kembangkan Agro Park Hadiah Kehormatan PT. Petrokimia Gresik appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-kembangkan-agro-park-hadiah-kehormatan-pt-petrokimia-gresik/02/06/2020/feed/ 0 19116
Lamsel Mulai Terapkan Tatanan Normal Baru Di Masa Pandemi Covid -19 https://gerbangrepublik.com/lamsel-mulai-terapkan-tatanan-normal-baru-di-masa-pandemi-covid-19/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/lamsel-mulai-terapkan-tatanan-normal-baru-di-masa-pandemi-covid-19/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 08:11:20 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19112 GR (KALIANDA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mulai menerapkan tatanan normal baru alias new normal ditengah masa pandemi Covid-19. Kebijakan new

The post Lamsel Mulai Terapkan Tatanan Normal Baru Di Masa Pandemi Covid -19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (KALIANDA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mulai menerapkan tatanan normal baru alias new normal ditengah masa pandemi Covid-19.

Kebijakan new normal dilakukan setelah Pemkab Lampung Selatan bersama Gugus Tugas Covid-19 serta jajaran TNI-Polri menggelar Apel Gelar Pasukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Lapangan Korpri setempat, Selasa pagi (2/6/2020).

Saat ini, Pemkab Lampung Selatan tengah melakukan sosialisasi sekaligus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar tatanan baru tersebut bisa dipatuhi masyarakat. Termasuk pelibatan TNI-Polri dan intansi terkait lainnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto meminta kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi new normal ditengah pandemi sesuai anjuran pemerintah.

Protokol kesehatan itu kata Nanang, selalu menjaga jarak aman antar manusia dan menghindari kerumunan atau physical distancing, rajin mencuci tangan setelah berkativitas dan selalu mamakai masker.

Ia mengatakan, sebagai pelaksana Gugus Tugas di daerah, tim Gugus Tugas harus melaksanakan secara optimal semua kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19.

Sebab menurutnya, virus korona merupakan bencana nasional non alam yang perlu ditangani secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektoral. Untuk itu semua pihak terkait harus mampu mengarahkan masyarakat mematuhi skenario yang ditetapkan pemerintah.

“Sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama. Perlu adanya upaya yang lebih represif tetapi humanis agar kebijakan ini bisa dipahami masyarakat,” ujar Nanang dalam arahannya pada Apel Gelar Pasukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan.

Sementara, usai mengikuti apel tersebut, dalam arahannya, Komandan Kodim (Dandim) 0421 Lampung Selatan, Letkol Kav Robinson Oktovianus Bessie mengatakan, kebijakan new normal diterapkan supaya masyarakat bisa hidup normal kembali.

Kegiatan itu kata dia, mengedukasi masyarakat dan pengelola ruang publik agar memahami tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Seperti mengimbau masyarakat yang belum patuh, mengingatkan dan menertibkan prosedur kesehatan di ruang publik.

“14 hari kedepan mulai dari sekarang, kita masih bersifat melakukan sosialisasi dan imbauan. Kemudian akan kita evaluasi sekitar pertengahan bulan ini, selanjutnya kita akan lakukan patroli lanjutan dengan melihat bagaimanan kedisipilnan warga di lapangan,” kata Robinson dihadapan Danramil, Kapolsek dan Camat se-Lampung Selatan.

Robinson juga meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk mulai merancang konsep pemberian hukuman atau sanksi bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Sehingga, setelah upaya penegakan kedisiplinan dilakukan, dan masih ada warga yang tidak patuh, akan ada efek jera dalam rangka mendidk warga menjadi tertib.

“Apabila semua sudah dilakukan, langkah terakhirnya adalah represif, kita lakukan secara humanis. Tapi perlu diingat, yang kita lakukan ini bukan semau kita, jangan sampai kontraproduktif, nanti malah kita di viralkan, aparat bertindak diluar batas. Nah ini juga salah,” katanya.

Disamping itu, ia pun menekankan peran pengelola publik dan pusat-pusat keramaian untuk memberdayakan pengamanan internal. Meskipun nantinya ada aparat TNI-Polri yang berjaga, ia meminta pengelola publik tidak bergantung dengan aparat.

“Berdayakan pengamanan internal yang ada disitu dulu. Misal di pasar, pengelola pasar harus punya penanganan sendiri. Dia yang harus melarang warga masuk pasar tanpa masker. Ini kita laksanakan dan awasi 14 hari kedepan. Kalau tidak berjalan sesuai yang kita harapkan, baru kita ambil langkah hukum,” tegas Dandim muda ini.

Disisi lain, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Eddie Purnomo meminta aparat dalam hal ini TNI-Polri untuk dapat memahami new normal itu sendiri.

Sebagai aparat, ia berharap petugas di lapangan dapat memberikan tauladan kepada masyarakat. Jangan sampai petugas yang melakukan penegakan disiplin justru melakukan pelanggran dengan tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Intinya new normal ini adalah kita mengembalikan aktivitas seperti biasa tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan operasi pendisiplinan. Pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak. Mendisiplinkan protokol kesehatan, ini yang harus kita pahami dulu,” tegas Kapolres.

Senada disampaikan Dandim, Kapolres Eddie Purnomo pun meminta pihak pemerintah daerah bisa membuat peraturan bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Seperti diberikan sanksi yang dirumuskan secara bersama-sama. Namun ia berharap, masyarakat sudah sadar sebelum sanksi dan peraturan tersebut diberlakukan.

“Misalnya penjual dan pembeli tidak memakai masker, kita tutup seminggu dan dijaga Pol PP. Begitu masih ngeyel lagi ditutup satu bulan atau dicabut izinnya. Begitu juga rumah makan, pembeli yang makan ditempat tidak boleh melebihi kasapsitas yang ditentukan,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap semua pihak harus bisa menyamakan persepsi, bahwa new normal ini bukanlah membiarkan masyarakat beraktivitas begitu saja. Akan tetapi bagaimana membuat aktivitas yang ada seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan. (ris/az)

The post Lamsel Mulai Terapkan Tatanan Normal Baru Di Masa Pandemi Covid -19 appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/lamsel-mulai-terapkan-tatanan-normal-baru-di-masa-pandemi-covid-19/02/06/2020/feed/ 0 19112
Bupati, Wabup Dan Pimpinan DPRD Pringsewu Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila https://gerbangrepublik.com/bupati-wabup-pimpinan-dprd-pringsewu-ikuti-upacara-virtual-hari-lahir-pancasila/02/06/2020/ https://gerbangrepublik.com/bupati-wabup-pimpinan-dprd-pringsewu-ikuti-upacara-virtual-hari-lahir-pancasila/02/06/2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 07:49:44 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=19106 GR (PRINGSEWU) – Bupati Pringsewu H.Sujadi dan Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 Tingkat Nasional

The post Bupati, Wabup Dan Pimpinan DPRD Pringsewu Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (PRINGSEWU) – Bupati Pringsewu H.Sujadi dan Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 Tingkat Nasional secara virtual. Selain Bupati dan Wakil Bupati, juga turut hadir di Aula Utama Kantor Pemkab Pringsewu, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, SE dan Wakil Ketua DPRD Hj.Mastuah, Sekdakab Pringsewu Drs.A.Budiman PM, MM, beserta beberapa pejabat daerah.

Upacara yang dipimpin oleh Presiden RI Ir.H.Joko Widodo langsung dari Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat ini juga turut diikuti Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Hj.Puan Maharani yang bertugas membaca naskah pembukaan UUD 1945 dan Ketua MPR RI H.Bambang Soesatyo yang membacakan teks Pancasila, beserta para menteri dan pejabat negara dari kantor atau rumah masing-masing.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19, kita bersyukur Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi seluruh tantangan, menggerakkan kepedulian untuk saling berbagi, serta memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk meingankan beban seluruh anak negeri, sekaligus menumbuhkan daya juang menghadapi kesulitan yang dihadapi bangsa dan negara. “Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah musibah pandemi Covid-19 ini tentunya menguji daya juang, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan dan ketenangan seluruh elemen bangsa”, ujarnya. (*/ Prokopim Pemkab Pringsewu)

The post Bupati, Wabup Dan Pimpinan DPRD Pringsewu Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/bupati-wabup-pimpinan-dprd-pringsewu-ikuti-upacara-virtual-hari-lahir-pancasila/02/06/2020/feed/ 0 19106