Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com Media Online Aspirasi Publik Mon, 10 Aug 2020 14:49:32 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://gerbangrepublik.com/wp-content/uploads/2018/08/cropped-logo-GR-copy-2-32x32.png Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com 32 32 177189825 111 KK Di Desa Manong Terima BLT DD Tahap II https://gerbangrepublik.com/111-kk-di-desa-manong-terima-blt-dd-tahap-ii/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/111-kk-di-desa-manong-terima-blt-dd-tahap-ii/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 14:49:32 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21109 GR (MANGGARAI BARAT) – Pemerintah Desa Manong, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT salurkan BLT-DD Tahap II pada Senin (10/08/2020) bertempat di

The post 111 KK Di Desa Manong Terima BLT DD Tahap II appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (MANGGARAI BARAT) – Pemerintah Desa Manong, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT salurkan BLT-DD Tahap II pada Senin (10/08/2020) bertempat di Kantor Desa Manong.

Penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa tersebut dihadiri Kepala Desa, Ketua BPD serta anggota TNI Macang Pacar.
Di tengah wabah covid-19, pemerintah mengucurkan berbagai stimulus untuk mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkannya/ salah satu stimulus itu adalah bantuan langsung tunai atau BLT.

Sebanyak 111 KK Desa Manong, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat menerima Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2020. Penerima bantuan sangat berantusias menerima Bantuan Langsung Tunai untuk Tahap Kedua ini.

Kepala Desa Manong, Adrianus Karim mengatakan bahwa sebanyak 111 KK penerima BLT hari ini untuk tahap kedua sedangkan tahap pertama sudah disalurkan pada bulan Juni 2020 lalu. BLT DD ini untuk membantu ekonomi warga masyarakat akibat pandemi covid-19 sebesar Rp. 1.200.000 per kepala KK.

Sementara itu anggota TNI Macang Pacar, Khaerudin menegaskan bahwa pihaknya terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Selama penyaluran BLT berlangsung hingga kegiatan selesai, situasi aman dan kondusif. Khaerudin juga menghimbau kepada warga Desa Manong agar memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI pada Bulan Agustus 2020 ini dengan memasang umbul-umbul serta mengibarkan bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. (Pedy Paty). Editor : Jhonatan Raga

The post 111 KK Di Desa Manong Terima BLT DD Tahap II appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/111-kk-di-desa-manong-terima-blt-dd-tahap-ii/10/08/2020/feed/ 0 21109
Kunker di Ende Kota Sejarah, Ini Kata Wagub NTT https://gerbangrepublik.com/kunker-di-ende-kota-sejarah-ini-kata-wagub-ntt/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/kunker-di-ende-kota-sejarah-ini-kata-wagub-ntt/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 14:12:27 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21106 GR (ENDE) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yosep Nae Soi didampingi sang isteri Maria Fransisca Djogo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten

The post Kunker di Ende Kota Sejarah, Ini Kata Wagub NTT appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (ENDE) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yosep Nae Soi didampingi sang isteri Maria Fransisca Djogo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ende, Flores pada Senin (10/08/2020).

Pantauan gerbangrepublik.com, Wagub NTT dan rombongan tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman sekitar Pukul 08.00 WITA. Selanjutnya rombongan Wagub NTT didampingi Bupati Ende, Djafar Achmad langsung mengunjungi Monumen Pancasila, Taman Renungan dan situs Bung Karno.

Tempat pertama yang dikunjungi Wagub yakni Monumen Pancasila di Taman Simpang Lima, Jl. Gatot Subroto, depan Bandara H. Hasan Aroeboesman (Lampu Lima). Tak lama berselang, rombongan wagub langsung menuju ke Taman Renungan Bung Karno, tempat dimana Bung Karno mendapat Ilham tentang PANCASILA.

Wagub NTT, Yosep Nae Soi mengatakan bahwa kota Ende dikenal sebagai KOTA SEJARAH. Kota dimana Pancasila dilahirkan oleh sang Proklamator selama pengasingan di Ende. Kota Ende juga memiliki tiga spot yang dijadikan sebagai tempat bagi para pengunjung untuk mengabadikan momen ketika berada di Ende, kota Pancasila. Tempat ini menjadi tempat yang selalu dikunjungi oleh setiap Pejabat Negara yang datang ke Kota Ende.

Kepada awak media, Wagub juga mengakui bahwa Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen dan tengah bekerja serius menjadikan pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi NTT. Salah satu wilayah pengembangan pariwisata termasuk di Kabupaten Ende, karena Ende memiliki sejumlah potensi pariwisata untuk dikembangkan.

“Wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam ini jika di tata secara baik akan meningkatkan roda perekonomian masyarakat terutama dari sektor pariwisata”, Ungkap Wagub NTT ini.

Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah Provinsi NTT, kita akan bangun infrastruktur pendukung pariwisata di seluruh wilayah NTT. Kabupaten Ende akan menjadi salah satu prioritas karena potensi pariwisata cukup banyak. Selain itu, Ende merupakan Kota Sejarah yang tidak bisa lepas dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, Pemerintah juga menghimbau agar para pengusaha hanya membangun hotel besar saja, sehingga masyarakat punya peluang lebih besar untuk mengelola homestay”, ujarnya.( Paschal Bani)
*Editor : Jhonatan Raga*

The post Kunker di Ende Kota Sejarah, Ini Kata Wagub NTT appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/kunker-di-ende-kota-sejarah-ini-kata-wagub-ntt/10/08/2020/feed/ 0 21106
Mingrum Gumay : Media Harus Mengedepankan Kepentingan Masyarakat https://gerbangrepublik.com/ningrum-gumay-media-harus-mengedepankan-kepentingan-masyarakat/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/ningrum-gumay-media-harus-mengedepankan-kepentingan-masyarakat/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 12:09:24 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21102 GR (LAMPUNG) – Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay SH., MH menerima audiensi team media LIDIK yang berlangsung di ruang kerja Ketua

The post Mingrum Gumay : Media Harus Mengedepankan Kepentingan Masyarakat appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (LAMPUNG) – Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay SH., MH menerima audiensi team media LIDIK yang berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD Lampung. Senin (10/08).

Agenda silaturahmi ini, Mingrum menyampaikan sinergitas ini harus terus dijaga dan dikembangkan dalam sektor informasi demi terwujudnya demokrasi yang transparansi serta pembangunan untuk masyarakat di provinsi lampung.

“media publikasi merupakan bagian terpenting dalam hal mewujudkan pembangunan di provinsi lampung,untuk itu saya berharap dalam hal penyampaian informasi harus mengedepankan kepentingan masyarakat,bukan instusti atau perorangan ” ujarnya

Ketua DPRD Provinsi Lampung juga berpartisipasi memberikan ucapan selamat anniversary untuk media lidik yang ke 1 tahun, ia menyampaikan walaupun baru berusia 1 tahun, media lidik harus terus bersaing secara digitalisasi guna percepatan penyampaian informasi ke masyarakat luas.

Dalam silahturahmi tersebut, hadir pimpinan media lidik yakni M.alkautsar S,kom M.M , Manager IT Satriawan S.kom Kepala Perwakilan Biro Provinsi Yugo Dwi Prasetio S.I.Kom , serta Team Creative Anggit Prayogi S.Pd.

Pimpinan Media Lidik M.alkautsar atau dikenal dengan (al) , menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan serta telah berkenan memberikan ucapan annniversasry untuk media kami.

“diwaktu yang sangat padat, beliau menyempatkan untuk memberikan support kepada kami melalui ucapan anniversary secara vitual dan ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan moral kepada media untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam memberikan, masukan saran demi mewujudkan pembangunan di provinsi lampung”. tutupnya( rls)

The post Mingrum Gumay : Media Harus Mengedepankan Kepentingan Masyarakat appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/ningrum-gumay-media-harus-mengedepankan-kepentingan-masyarakat/10/08/2020/feed/ 0 21102
HUT Ke-46 Lampung Post Dihadiri Gubernur Arinal https://gerbangrepublik.com/hut-ke-46-lampung-post-dihadiri-gubernur-arinal/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/hut-ke-46-lampung-post-dihadiri-gubernur-arinal/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 10:59:15 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21099 GR (Bandar Lampung)- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri Acara HUT ke-46 Lampung Post, dengan tema Masyarakat Produktif, Aman Covid-19, di Halaman Parkir

The post HUT Ke-46 Lampung Post Dihadiri Gubernur Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (Bandar Lampung)- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri Acara HUT ke-46 Lampung Post, dengan tema Masyarakat Produktif, Aman Covid-19, di Halaman Parkir Harian Lampung Post, Senin (10/08).

Acara ini dihadiri juga oleh Pemimpin Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnain, Forkopimda Provinsi Lampung, Kadis Kominfo & Statistik A. Chrisna Putra, Ketua MUI Lampung Ihsanudin, serta undangan yang telah ditentukan.

Gubernur Lampung dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat HUT ke-46 kepada Lampung Post. Gubernur berharap, Lampung Post tetap jaya dan semakin maju dan berkiprah untuk mencerdaskan bangsa dan turut mendukung menyampaikan informasi-informasi pembangunan sehingga target pemerintah dalam rangka mencerdaskan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat tidak lepas daripada kontribusi media, sehingga masyarakat Lampung akan mendapatkan informasi-informasi yang akurat.

Perihal peran dan upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam menghadapi pandemi Covid-19, Gubernur mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung memberikan kontribusi 40% kebutuhan DKI, dan juga memberikan bantuan 26 ribu ton gula, agar situasi ibu kota sebagai pusat ekonomi jangan sampai terganggu. Sampai saat ini Provinsi Lampung masih dalam posisi 10 besar Provinsi terbaik dengan angka kesembuhan tertinggi. Empat Kabupaten di Provinsi Lampung juga masuk ke dalam 10 besar dengan insiden kasus terendah.

“Saya sangat berharap banyak kepada Lampung Post untuk tetap bekerjasama. Saya membutuhkan media, tetapi media yang secara objektivitas mampu berkontribusi dalam membangun Pemerintah daerah. Marilah kita bersama-sama membangun Lampung ini dengan penuh kebijakan, dengan penuh koordinasi dan penuh kesadaran,” pungkas Arinal.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Lampung Post, mengucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan Lampung Post yang sudah menginjakkan kaki Lampung Post di era digitalisasi.

Lampung Post bersama media cetak dan media elektronik lainnya di Lampung terus berupaya menjaga dan menerapkan protokol kesehatan sehingga hari ini Provinsi Lampung masih yang terbaik walaupun diapit oleh 2 daerah yang berada di zona merah.

“Alhamdulillah kita bersyukur, Pemerintah Provinsi Lampung diberikan anugerah oleh Pemerintah Pusat dan kita apresiasi berkat kerjasama yang baik tokoh agama, juga para rektor memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sehingga meraih penghargaan inovasi restoran terbaik di Indonesia,” ungkap Iskandar Zulkarnain.

Dalam acara HUT ke-46 Lampung Post ini juga diselenggarakan pameran UMKM serta pemberian penghargaan UMKM Heroes bagi 7 instansi yang turut mendorong perkembangan UMKM di Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

The post HUT Ke-46 Lampung Post Dihadiri Gubernur Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/hut-ke-46-lampung-post-dihadiri-gubernur-arinal/10/08/2020/feed/ 0 21099
PG Bungamayang, Magnet Ekonomi Kawasan Ketapang https://gerbangrepublik.com/pg-bungamayang-magnet-ekonomi-kawasan-ketapang/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/pg-bungamayang-magnet-ekonomi-kawasan-ketapang/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 10:37:02 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21096 GR (LAMPUNG UTARA)—Sunset sudah tenggelam ketika Tim Inspektorat Komoditas Tebu PTPN Holding sampai ke Patok 91, Afdeling III, Perkebunan Tebu PG Bungamayang,

The post PG Bungamayang, Magnet Ekonomi Kawasan Ketapang appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (LAMPUNG UTARA)—Sunset sudah tenggelam ketika Tim Inspektorat Komoditas Tebu PTPN Holding sampai ke Patok 91, Afdeling III, Perkebunan Tebu PG Bungamayang, Lampung Utara, beberapa waktu lalu.
Tim yang dipimpin Daniyanto itu merasa harus datang ke tempat itu untuk memastikan proyek pembangunan embung penyimpan air itu sesuai rencana. Hanya kebagian waktu sekilas karena sebelumnya mereka begitu serius menyisir olah tanah, tanaman muda, dan proses tebang tebu di beberapa lokasi.
Langit redup, gelap menjelang. Namun, air jernih dengan permukaan lebung luas itu seperti memanggil untuk disapa dengan tongkang.
Bersama Direktur PTPN VII Doni P. Gandamihardja dan Direktur PT Buma Cima Nusantara Putu Sukarmen, mereka menyempatkan mendayung getek kayu untuk sekadar mengecek luas dan kedalaman.
Di pinggir danau buatan seluas lebih satu hektare itu ada Pohon Bunut setinggi sekira 12 meter. Entah ide siapa, pada ketinggian sekitar delapan meter, pohon tersebut dipasang sebentuk shelter bordes sehingga menjadi menara pantau lengkap dengan tangga. Dan dari balkon di atas pohon beralas air danau, pemandangan kebun tebu selaksa permadani luas yang digelar mengitari.
Gelap mulai membekap. Dari arah utara, sekumpulan sinar seperti kunang-kunang mulai terang. Semakin gelap, cahaya-cahaya dari Kompleks Pabrik Gula Bungamayang itu menegaskan sebagai “kota satelite” di tengah belantara. Terang di antara gelap pada pandangan 360 derajat.
“Pemandangan pabrik (PG Bungamayang) kalau malam dari sini memang bagus banget. Kayak ada kota di tengah lautan,” kata Teguh, salah satu karyawan yang sehari-hari menjaga menara pantau ini.
Moncernya PG Bungamayang milik PTPN VII yang kini dikelola PT BCN, salah satu anak perusahaannya, ini bukan hanya dari sinar terang di tengah kegelapan saja. Secara nyata, dibangunnya kebun tebu seluas lebih dari 10 ribu hektare dengan satu unit pabrik berkapasitas giling 7.000 ton tebu per hari ini memancarkan gelombang ekonomi yang begitu kuat. Di lipatan belantara sejauh 180 kilometer dari Bandarlampung itu, ada mobilisasi modal, investasi, tenaga ahli, produk baru, dan resources modernitas lain yang kontras dengan wilayah sekelilingnya.

“Kebun tebu ini mulai dibuka sekitar tahun 1980. Terus, mulai bangun pabrik itu sekitar tahun 1982. Waktu itu disini masih hutan lebat. Saya masih kecil, tetapi tahu persis karena bapak saya memang tetua di sini,” kata Suryadi Hipni, salah satu tokoh yang kini menjadi mitra perusahaan.
Suryadi mengisahkan, tanah kelahirannya itu dikenal dengan sebutan Ketapang. Daerah yang masuk teritorial Kabupaten Lampung Utara itu adalah salah satu daerah tujuan transmigrasi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, karena medan yang berat, tanah perladangan yang tidak terlalu subur, setelah masa pembinaan dengan pemberian natura (jadup) berupa makanan pokok dari pemerintah selesai, para transmigran tak mampu bertahan.
“Memang tanah daerah sini kurang subur kalau untuk padi. Jadi, para transmigran begitu jadupnya habis, mereka pada pulang ke Jawa. Tetapi begitu dengar di sini didirikan pabrik gula, mereka balik lagi,” kata petani tebu rakyat yang saat ini menggarap 30 hektare bermitra dengan PTPN VII itu.
Pernyataan Suryadi diiyakan Wahyu, salah satu generasi kedua para transmigran di wilayah Ketapang ini. Sekretaris Koperasi Tebu Rakyat mitra PTPN VII itu mengatakan, sejak proses pembangunan pabrik gula ini, ekonomi masyarakat bergeliat.
Wahyu menggambarkan masyarakat wilayah Ketapang dan sekitarnya sangat erat hubungan ekonominya dengan pabrik gula dan kebun tebu PTPN VII. Pada musim tanam dan perawatan tebu di kebun, ada ribuan tenaga kerja mendapat rezeki dari perusahaan BUMN ini. Dari buruh tanam tebu, pemupukan, penyiangan, klentek, hingga tebang.
“Terus terang, saya sulit menggambarkan kalau nggak ada pabrik gula Bungamayang ini di sini. Bungamayang ini kampung Suku Lampung dengan sebutan Marga Sungkai Bungamayang yang jauh dari kota. Nah sekarang, orang-orang kalau mau belanja onderdil mobil truk, ya pada ke sini. Bukan ke Kotabumi (kota kabupaten terdekat),” kata Wahyu.
Penggambaran keberadaan toko suku cadang mobil oleh Wahyu adalah simbol betapa Bungamayang sebagai daerah ekonomi baru yang dipengaruhi oleh aktivitas pabrik gula PTPN VII. Wahyu menyebut, ada ratusan bahkan seribuan truk milik warga sekitar yang mendapat order mengangkut tebu dari kebun PTPN VII ke pabrik. Tak heran Wahyu menyebut ada sedikitnya empat toko spare part truk berbagai merek buka hampir 24 jam di Bungamayang.
“Kalau buka 24 jam sih, enggak. Tapi ada beberapa toko yang merangkap bengkel, kalau ada truk mogok di tengah kebun, jam berapa saja ditelpon, datang untuk nyervis. Jadi, kalau sudah musim buka giling seperti sekarang ini, di sekitar lokasi ini hidup 24 jam,” tambah Wahyu.
Tentang multiflier effect pabrik gula, Kusriyanto (47) menjadi salah satu saksinya. Buruh tani yang tinggal di Desa Sidodadi, Kecamatan Sungkai Selatan ini berharap PG Bungamayang musim giling terus sepanjang tahun. Sebab, pada musim giling, bapak empat anak ini bisa bekerja sebagai tenaga tebang yang mendapat penghasilan cukup lumayan.
“Kalau pas musim giling begini, saya tenang. Setiap hari saya ada kerjaan. Sehari, kalau kerja serius bisa dapat Rp100 ribu,” katanya didampingi istri yang menyusul bersama dua anaknya yang masih kecil-kecil menjelang waktu pulang, awal Agustus 2020 lalu.
Kusrianto tidak sendirian. Kebun tebu yang membentang seluas sekitar 10 ribu hektare itu selalu “dikeroyok” ribuan orang untuk memenuhi kapasitas pabrik setiap hari. Pabrik dengan kapasitas terpasang 7.000 TCD (ton cane per day, ton tebu per hari), dibutuhkan lebih dari 4.000 orang penebang tebu setiap hari.
“Kalau dalam kondisi normal, paling tidak kita mempekerjakan 4.000 pekerja borong tebang setiap hari. Kalau satu orang dibayar Rp100 ribu, sudah berapa uang yang beredar di masyarakat seharinya,” kata Irma Kurniawati, salah satu petinggi PT BCN.
Irma menambahkan, relasi antara perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan sekitar di PG Bungamayang sudah seperti hukum ekonomi lokal. Jika perusahaan terganggu operasionalnya, baik oleh sebab teknis maupun faktor eksternal, ekonomi warga ikut sakit. Sebaliknya, jika giling lancar, tanaman bagus, cuaca mendukung, harga bagus, dan tidak ada gangguan dari luar, kesejehtaraan rakyat sangat terasa.
“Hubungan ini sudah sangat lama dan seperti mengikat di dua pabrik kami, PG Bungamayang dan Cintamanis di Sumsel. Jadi, walaupun ada berdiri pabrik baru dari swasta di sekitarnya, ikatan ekonomi kami dengan masyarakat sudah sangat kuat dan saling membutuhkan,” kata Irma yang sangat konsen dengan manajemen sumber daya manusia ini.
Secara keseluruhan, Direktur PT BCN Putu Sukarmen mengatakan, keberadaan PG Bungamayang maupun Cintamanis di tengah masyarakat adalah magnet yang menarik resources ke simpul baru ekonomi. Oleh karena itu, dia minta dukungan semua pihak, terutama para tokoh dan stakeholder agar PTPN VII dengan aset dan kegiatan usahanya tetap berjalan.
“Kalau tidak ada usaha di sini, duit itu nggak akan pernah mampir ke sini. Duit triliunan cuma berputar di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Nah, dengan usaha ini, kita bisa menarik dana itu beredar ke sini sehingga kita, dari buruh tebang, pedagang pecel, toko sembako, sampe sopir truk bisa sejahtera,” kata pria Bali kelahiran Lampung Timur itu. (HUMAS PTPN VII)

The post PG Bungamayang, Magnet Ekonomi Kawasan Ketapang appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/pg-bungamayang-magnet-ekonomi-kawasan-ketapang/10/08/2020/feed/ 0 21096
YSB Lantik Pengurus KONI Pringsewu https://gerbangrepublik.com/ysb-lantik-pengurus-koni-pringsewu/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/ysb-lantik-pengurus-koni-pringsewu/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 06:30:59 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21093 GR ( Pringsewu ) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Yusuf Sulfarano Barusman (YSB), melantik kepengurusan KONI Kabupaten

The post YSB Lantik Pengurus KONI Pringsewu appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR ( Pringsewu ) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Yusuf Sulfarano Barusman (YSB), melantik kepengurusan KONI Kabupaten Pringsewu masa bhakti 2020-2024, Senin (10/8/2020) pagi di Hotel Urban Style Pringsewu.

Dalam sambutannya Yusuf berpesan agar para pengurus baru KONI Pringsewu, biaa menjalankan fungsi dan tugas masing-masing sehingga roda organisasi berjalan dengan baik dan benar. Bekerja sama dan saling mendukung kunci untuk memajukan dan meraih prestasi olahraga di tingkat daerah bahkan nasional.

“Tahun 2022 kita akan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Tentunya Pringsewu harus audah bersiap sejak saat ini, agar prestasi di Porprov sebelumnya bisa dipertahankan. Bahkan harus lebih baik dari aebelumnya,” kata YSB.

Pelantikan yang berlangsung sederhana itu, juga dihadiri Bupati Sujadi, Forkopimda dan pejabat dilingkungan Pemerintahan Pringsewu, serta pengurus cabang olahraga, pembina dan insan olahraga setempat.

Pada pelantikan tersebut, YSB di dampingi oleh Wakil Ketua I Prof Sunarto, Wakil Sekretaris I Berry Salatar, Kabid Organisasi Tupan Indra Karsa, Bidang Organisasi Jolly Sanggam, Ulul Azmisoltiansyah, Alfi Darwin, Rudi Antoni dan Feri Frisal Farinusa.

Pengurus harian KONI Kabupaten Pringsewu. Ketua Dwi Pribadi, Wakil Ketua I A Andoyo, Wakil Ketua II H Samsul Gustaf, Wakil Ketua III Kapten Tuparno, Sekretaris H Sutikno, Wakil Sek Choirul Amri, Bendahara Ani Suprapti, Wakil Bendahara Legino. (ha)

The post YSB Lantik Pengurus KONI Pringsewu appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/ysb-lantik-pengurus-koni-pringsewu/10/08/2020/feed/ 0 21093
IIB Darmajaya Gelar Seminar Daring Trik Jitu Edit Foto https://gerbangrepublik.com/iib-darmajaya-gelar-seminar-daring-trik-jitu-edit-foto/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/iib-darmajaya-gelar-seminar-daring-trik-jitu-edit-foto/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 01:28:09 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21090 GR (BANDARLAMPUNG) – Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menggelar seminar daring “Trik Jitu Edit Foto” kepada milenial. Seminar daring diisi oleh Dosen

The post IIB Darmajaya Gelar Seminar Daring Trik Jitu Edit Foto appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (BANDARLAMPUNG) – Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menggelar seminar daring “Trik Jitu Edit Foto” kepada milenial.
Seminar daring diisi oleh Dosen Desain Komunikasi Visual IIB Darmajaya Candra Prayogi, S.Ds., M.Ds., melalui aplikasi zoom meeting pada Jumat, (7/8/20). Adapun peserta tersebar dari kabupaten kota di Lampung dan juga dari Malang, Jawa Timur.
Candra Prayogi mengatakan dalam melakukan pengeditan foto menggunakan Adobe Photoshop dapat menggunakan laptop maupun MacBook. “Untuk versi Photoshop dapat digunakan versi berapa saja, semakin tinggi seri maka akan semakin berat program yang dijalankan. Tetapi fiturnya tidak jauh berbeda,” ungkap dia ketika menjawab pertanyaan peserta.
Candra –biasa dia disapa – menerangkan setiap orang yang akan mengedit foto untuk mengetahui dan memahami histogram. “Histogram merupakan dasar untuk memahami awal dalam melakukan pengeditan foto. Histogram sangat membantu kalian dalam mengedit foto,” ucap dia sembari menunjukkan dalam Photoshop.
Histogram, lanjut dia, mewakili area shadow (gelap), midtone (tengah), dan highlight (terang). “Histogram merupakan grafik yang mewakili bagian terang dan gelap dalam sebuah foto,” tuturnya.
Menurutnya, tidak ada yang bagus atau tidak bagus dalam sebuah foto. “Karena cahaya yang diambil berbeda saat melakukan pemotretan,” ujarnya.
Selain histogram, curve merupakan fitur yang paling umum dalam aplikasi editing foto. “Kamu bisa temukan adjustment layer. Kalau kalian paham dengan histogram dan curve akan lebih mudah mengedit foto,” imbuhnya.
Candra juga menjelaskan mengenai kegunaan healing brush, sharpen, skin tone, masking dan clipingmask. “Healing brush untuk menghilangkan noda dan membuat warna wajah sama. Sharpen digunakan untuk mempertajam warna yang ada di foto. Skin tone lebih memfokuskan kepada warna pada wajah atau keseluruhan pada foto terutama yang mendekati apa yang dipilih dalam selective colour,” bebernya.
Kemudian masking, kata Candra, dapat membuat foto terutama objeknya saja untuk menjadi lebih fokus. “Clipingmask digunakan untuk membuat objek menyisip pada sebuah bentuk seperti tulisan, lingkaran atau lainnya,” jelasnya.
Sementara, Kepala Bagian Pemasaran IIB Darmajaya, Adi Sutrisno, S.Kom., mengatakan kegiatan seminar daring ini juga dalam pengenalan Prodi DKV kepada milenial dan Generasi Z. “Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam dunia fotografi dengan bergabung menjadi mahasiswa IIB Darmajaya,” ungkapnya.
Prodi DKV, lanjut dia, memiliki prospek yang sangat cerah dalam dunia kerja. “Mulai dari desainer grafis yang juga meliputi produk, IU, UX, dan lainnya,” tutupnya.(*)

 

The post IIB Darmajaya Gelar Seminar Daring Trik Jitu Edit Foto appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/iib-darmajaya-gelar-seminar-daring-trik-jitu-edit-foto/10/08/2020/feed/ 0 21090
Gubernur Arinal Apresiasi IIPG dan Dekranasda UMKM Bidang Fashion https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-apresiasi-iipg-dan-dekranasda-umkm-bidang-fashion/10/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-apresiasi-iipg-dan-dekranasda-umkm-bidang-fashion/10/08/2020/#respond Mon, 10 Aug 2020 01:02:17 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21087 GR (BANDAR LAMPUNG) — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi Dekranasda Provinsi Lampung dan Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Provinsi Lampung yang telah

The post Gubernur Arinal Apresiasi IIPG dan Dekranasda UMKM Bidang Fashion appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (BANDAR LAMPUNG) — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi Dekranasda Provinsi Lampung dan Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Provinsi Lampung yang telah berupaya membangkitkan
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Lomba Desain Kaway Plastik di tengah Pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal saat menghadiri penyerahan penghargaan pemenang Lomba Desain Kaway Plastik di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Minggu (9/8/2020) malam.

“Hal ini menunjukkan kontribusi pelaksanaan tata kelola yang baik dalam rangka menghadapi covid-19 dan menumbuh kembangkan UMKM,” ujar Gubernur Arinal.

Arinal mengatakan penyelenggaraan lomba ini membuktikan bahwa setiap orang masih bisa berkarya di tengah situasi sulit saat ini. “Bahkan memberi peluang munculnya usaha kreatif baru di bidang fashion,” ujar Arinal.

Apalagi kata Arinal, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar. Tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga berdampak terhadap perekonomian dan sosial masyarakat, khususnya UMKM.

“Salah satu upaya nyata dalam mendukung pelaku UMKM adalah seperti yang dilakukan saat ini oleh IIPG Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Lampung yaitu berupa penyelenggaraan lomba Desain Kaway Plastik New Normal,” katanya.

Kaway Plastik sendiri merupakan sebuah karya kreatif yang terinspirasi dari Alat Pelindung Diri (APD) yang dikombinasikan dengan tapis yang merupakan kerajinan khas Lampung yang dihasilkan UMKM.

Pada kegiatan itu, sekaligus juga di launching Toples motif Batik Sembage Lampung.

Toples ini merupakan suatu karya unik dan kreatif, yang diharapkan akan diisi juga oleh produk kreatif kuliner Lampung.

“Semua keunikan berdasarkan kekhasan daerah Lampung ini diharapkan akan meningkatkan brand image Provinsi Lampung sebagai daerah yang kaya dan kreatif,” kata Arinal.

Arinal mengaku sangat mendukung semua program dan kegiatan yang mengedepankan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Ia berharap agar semua pihak mau berpartisipasi untuk memberikan dukungan baik moril maupun materiil pada pemulihan situasi pandemi covid-19 saat ini.

“Melalui berbagai karya dan aktivitas yang memberi manfaat serta kemaslahatan bagi masyarakat Lampung,” katanya.

Ada yang istimewa dari kegiatan ini, dimana Ibu Riana Sari mendapatkan kejutan karena tepat pada hari ini berusia ke- 51 tahun. Ucapan selamat serta doa terus berdatangan dari keluarga dan semua pihak.

“Selamat ulang tahun, semoga selalu berbahagia, panjang umur dan selalu sehat,” ujar Arinal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengatakan Lomba Kaway Plastik ini dilatar belakangi oleh kondisi pandemi covid-19 yang saat ini sedang melanda seluruh dunia termasuk Provinsi Lampung.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan lomba kaway plastik ini adalah untuk mendorong kreativitas dan inovasi UMKM, meningkatkan perekonomian UMKM, memberdayakan perajin Iokal dan mendorong semangat kewirausahaan,” ujar Ibu Riana.

Riana menjelaskan seluruh proses pelaksanaan lomba kaway plastik ini telah dilaksanakan dengan mengikuti adaptasi kebiasaan baru yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Peserta mengajukan desain kaway plastik dalam bentuk video yang dikirimkan melalui media instagram, yang selanjutnya diseleksi oleh tim juri untuk menatapkan 10 besar dan 4 pemenang kategori,” kata Ibu Riana yang juga Ketua IIPG Provinsi Lampung.

Selanjutnya, kata Ibu Riana, peserta mengirimkan fisik desain kaway plastik untuk dinilai langsung oleh tim juri di Jakarta. “Dan malam ini diumumkan Juara 1, 2 dan 3,” katanya.

Juri sendiri terdiri dari Yanti Airlangga selaku Ketua IIPG Pusat, Arzeti Bilbina seorang peragawati dan model nasional, Wignyo Rahadi seorang fashion designer, vice chairman IFC dan Staf ahli Dekranas Pusat serta Florentina W.H selaku fashion designer nasional.

Jumlah peserta yang mendaftar berjumlah 82 peserta yang terdiri dari 80 peserta berasal dari 14 kabupaten/kota den 2 peserta berasal dari luar Provinsi Lampung yakni Surabaya dan Sidoarjo.

“Dan malam ini sekaligus juga di launching Toples motif Sembage Lampung. Motif sembage telah dimunculkan kembali menjadi motif khas batik lampung yang dapat diaplikasikan kedalam berbagai kerajinan Iainya yang akan memberi nilai tambah pada produk kerajinan tersebut,” kata Ibu Riana.

Pada kesempatan itu, Ibu Riana mengaku terharu atas kejutan yang diberikan di hari ulang tahunnya terutama saat ditayangkannya video puisi persembahan dari putra putrinya.(Adpim)

The post Gubernur Arinal Apresiasi IIPG dan Dekranasda UMKM Bidang Fashion appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-apresiasi-iipg-dan-dekranasda-umkm-bidang-fashion/10/08/2020/feed/ 0 21087
Alumni SMPN Angkatan 70 – 99 Gedong Tataan Pesawaran Bahas Anggaran Reuni Akbar https://gerbangrepublik.com/alumni-smpn-angkatan-70-99-gedong-tataan-pesawaran-bahas-anggaran-reuni-akbar/09/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/alumni-smpn-angkatan-70-99-gedong-tataan-pesawaran-bahas-anggaran-reuni-akbar/09/08/2020/#respond Sun, 09 Aug 2020 14:06:54 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21081 GR ( Bandar Lampung ) – Puluhan perwakilan alumni SMPN Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran melaksanakan rapat kordinasi dengan seluruh angkatan di jalan

The post Alumni SMPN Angkatan 70 – 99 Gedong Tataan Pesawaran Bahas Anggaran Reuni Akbar appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR ( Bandar Lampung ) – Puluhan perwakilan alumni SMPN Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran melaksanakan rapat kordinasi dengan seluruh angkatan di jalan Blora Tanjung Karang Bandar Lampung, Ahad ( 9/8/2020).

Dipimpin langsung oleh sekretaris Indro mengatakan proses untuk mengumpulkan seluruh alumni di ajang alumni Akbar diperlukan kebersamaan sehingga 15 Januari 2021 semua alumni dari angkatan 70 hingga 99 diketahuinya jumlahnya .

” Ini menyangkut dengan kebutuhan finansial untuk pertemuan yang akan melibatkan hingga seribuan orang. Oleh karena itu masing masing humas lulusan dari 70 hingga 99 harus bekerja keras mengumpulkan data nama nama mantan pelajar SMPN Gedong Tataan selambat – lambatnya 15 Januari 2021,” jelas Sekretaris panitia Alumni .

Memang untuk tahun lulusan 67 sampai dengan 69 beberapa orang masih ada dan nanti kita undang secara tersendiri pada saat pelaksanaan hari H.

Kebersamaan ini juga dilanjutkan dengan temu kangen seluruh angkatan yang hadir dilanjutkan makan bersama yang sudah disiapkan oleh tuan rumah Mimin Widyati alumni 76.

” Saya bangga dengan banyaknya rekan rekan yang antusias hadir turut membahas agenda yang akan mempertemukan 30 Allaumni SMPN Gedong Tataan di Pebuari 2021 mendatang, mudah – mudahan terlaksana dengan sukses,” Ujar mantan Anggota DPRD Jakarta Utara.

Lebih lanjut usai menggelar rapat lintas alumni, seluruh angkatan 76 melakukan rapat membahas arisan sesama alumni.

” Ini bentuk kebersamaan mengenang teman saat di bangku SMP, sehingga dengan arisan kita lebih dekat mengenal keluarga masing masing alumni,” jelas Erjuli selaku ketua alumni 76.( red)

The post Alumni SMPN Angkatan 70 – 99 Gedong Tataan Pesawaran Bahas Anggaran Reuni Akbar appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/alumni-smpn-angkatan-70-99-gedong-tataan-pesawaran-bahas-anggaran-reuni-akbar/09/08/2020/feed/ 0 21081
Peserta Lomba Desain Kaway Plastik New Normal, Ikuti Sarasehan Bersama Ibu Riana Sari Arinal https://gerbangrepublik.com/peserta-lomba-desain-kaway-plastik-new-normal-ikuti-sarasehan-bersama-ibu-riana-sari-arinal/09/08/2020/ https://gerbangrepublik.com/peserta-lomba-desain-kaway-plastik-new-normal-ikuti-sarasehan-bersama-ibu-riana-sari-arinal/09/08/2020/#respond Sun, 09 Aug 2020 12:12:12 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=21078 GR (Bandarlampung) – Sebanyak 82 peserta yang mengikuti Lomba Desain Kaway Plastik New Normal, yang diselenggarakan oleh Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG)

The post Peserta Lomba Desain Kaway Plastik New Normal, Ikuti Sarasehan Bersama Ibu Riana Sari Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>

GR (Bandarlampung) – Sebanyak 82 peserta yang mengikuti Lomba Desain Kaway Plastik New Normal, yang diselenggarakan oleh Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung, mengikuti sarasehan bersama Ketua Dekranasda Lampung Hj. Riana Sari Arinal, di Mahan Agung, Minggu (9/8/2020).

Lomba Desain kaway ini menggunakan bahan plastik dan terdapat unsur ornamen Lampung Tapis, sesuai dengan protokol kesehatan (New Normal Life style). Sehingga masih tampak menarik dan memounyai banyak motif.

Dalam lomba ini, ada 82 peserta yang mendaftar 64 peserta yang mengirim video Lomba Desain Kaway Plastik bermotif Lampung.

Setelah melihat hasil karya para desainer peserta lomba Ketua Dekranasda Riana Sari benar-benar kagum dengan hasil peserta lomba. Bahkan Riana Sari sampai merinding saat tim juri menilai dan harus menentukan siapa pemenang juara 1, 2 dan 3, karena sangat sulit sekali untuk memilihnya.

Dengan pertimbangan juri, termasuk juri kehormatan Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia, juga Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Pusat Yanti Airlangga, akhirnya ditetapkan dengan beberapa kategori.

Riana Sari menyampaikan, bahwa lomba desain kaway plastik bermotif Lampung ini untuk mendorong peserta berinovasi lebih baik. Dengan situasi pandemi Covid-19, yang belum berakhir ini, para peserta telah berkreasi dengan mendesain kaway (baju) dari plastik tapi menyesuaukan trand dan bermotif Lampung bisa melindungi diri dari penularan Covid-19.

Kepada peserta yang belum juara, hendaknya perlombaan ini menjadi motivasi untuk meningkatkat inovasi dan kreatifitas.

Riana Sari juga Ketua TP PKK Provinsi Lampung ini, mendorong agar para pengrajin terus berinovasi, karena sekarang pemerintah sedang menggalakkan produk-produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Istri Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi ini, sangat peduli terhadap produk-produk UMKM dan kerajinan daerah Lampung. Sehingga dalam setiap kesempatan termasuk dalam acara sarasehan dengan peserta Lomba Desain Kaway Plastik, Riana Sari kembali mengingatkan kepada masyarakat perlunya bela dan beli produk UMKM.

Karena dengan bela produk UMKM, lanjut Riana Sari, dapat diperkuat ke akses yang lebih produktif serta efetif. Dengan beli masyarakat dapat menunjukkan aksi keperpihakan produk negeri sendiri. Oleh karena itu, di tengah persaingan berbagai aneka produk dan makanan, maka Riana Sari tetap menghimbau agar masyarakat tetap mencintai dalam negeri dan produk hasil inovasi daerah.

Dalam lomba desain kaway plastik new normal 10 besar telah diumumkan. Begitu juga dengan tiga besar. Tapi, siapa peserta yang akan menjadi juara 1, 2 dan 3, akan diumumkan, Minggu malam di Mahan Agung, rumah dinas Gubernur Lampung bersamaan dengan peluncuran tiples berornamen Lampung produk UMKM. (*)

The post Peserta Lomba Desain Kaway Plastik New Normal, Ikuti Sarasehan Bersama Ibu Riana Sari Arinal appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/peserta-lomba-desain-kaway-plastik-new-normal-ikuti-sarasehan-bersama-ibu-riana-sari-arinal/09/08/2020/feed/ 0 21078