Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com Media Online Aspirasi Publik Wed, 28 Oct 2020 07:15:26 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://gerbangrepublik.com/wp-content/uploads/2018/08/cropped-logo-GR-copy-2-32x32.png Gerbang Republik https://gerbangrepublik.com 32 32 177189825 Yusuf Kohar Soroti Aspal Jalan dan Janji Perbaiki Drainase Warga https://gerbangrepublik.com/yusuf-kohar-soroti-aspal-jalan-dan-janji-perbaiki-drainase-warga/28/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/yusuf-kohar-soroti-aspal-jalan-dan-janji-perbaiki-drainase-warga/28/10/2020/#respond Wed, 28 Oct 2020 07:15:26 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22943 GR (BANDAR LAMPUNG) – Libur Nasional, tidak membuat surut semangat YuTuber beserta Tim untuk melakukan sosialisasi dan kampanye, kali ini YuTuber dan

The post Yusuf Kohar Soroti Aspal Jalan dan Janji Perbaiki Drainase Warga appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (BANDAR LAMPUNG) – Libur Nasional, tidak membuat surut semangat YuTuber beserta Tim untuk melakukan sosialisasi dan kampanye, kali ini YuTuber dan Tim lakukan blusukan di Zona 1 di jalan Jati Baru 1, Kelurahan Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, Rabu, (28/102020).
Warga pun antusias dengan kedatangan Calon Walikota nomor urut 2 ini. Tak sedikit dari warga pun ingin bersua foto dengan Yusuf Kohar yang begitu terlihat bersemangat dalam menjalankan agenda kampanye, beliau pun tak sungkan untuk mengabulkan permintaan warga tersebut.
Ditengah perjalanan menyapa warga, Yusuf Kohar menyoroti aspal jalan dan saluran drainase yang menurutnya kurang berkualitas.
Secara tegas beliaupun berjanji akan memperbaiki aspal dan drainase tersebut yang lebih berkuatlitas dan bermutu. “Aspalnya kurang bagus, kurang bermutu, harus ada perbaikan,” ungkap Yusuf Kohar.
Yusuf Kohar berjanji akan memperbaiki Aspal jalan yang dirasa kurang berkualitas dan juga akan memperbaiki saluran drainase yang dikeluhkan warga akibat sering terjadinya banjir.
(b21)

The post Yusuf Kohar Soroti Aspal Jalan dan Janji Perbaiki Drainase Warga appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/yusuf-kohar-soroti-aspal-jalan-dan-janji-perbaiki-drainase-warga/28/10/2020/feed/ 0 22943
Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Di Lamsel https://gerbangrepublik.com/sulpakar-pimpin-upacara-peringatan-sumpah-pemuda-di-lamsel/28/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/sulpakar-pimpin-upacara-peringatan-sumpah-pemuda-di-lamsel/28/10/2020/#respond Wed, 28 Oct 2020 04:00:21 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22938 GR (KALIANDA) -Diskominfo Lamsel* – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang

The post Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Di Lamsel appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (KALIANDA) -Diskominfo Lamsel* – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).
Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.
Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.
Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.
“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu “Semangat Bersatu dan Bangkit”. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.
Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.
Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.
Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.
Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.
“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Az)

The post Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Di Lamsel appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/sulpakar-pimpin-upacara-peringatan-sumpah-pemuda-di-lamsel/28/10/2020/feed/ 0 22938
Gubernur Arinal  : Pembangunan Masyarakat Desa Menuju  Desanya Maju, Mandiri dan Sejahtera https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-pembangunan-masyarakat-desa-menuju-desanya-maju-mandiri-dan-sejahtera/28/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-pembangunan-masyarakat-desa-menuju-desanya-maju-mandiri-dan-sejahtera/28/10/2020/#respond Wed, 28 Oct 2020 03:49:09 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22934 GR (BANDARLAMPUNG) — Untuk menjadikan masyakatnya maju, harus dimulai dengan pembangunan sehingga masyarakat bisa mandiri dan sejahtera. Hal ini dikatakan saat bersama

The post Gubernur Arinal  : Pembangunan Masyarakat Desa Menuju  Desanya Maju, Mandiri dan Sejahtera appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (BANDARLAMPUNG) — Untuk menjadikan masyakatnya maju, harus dimulai dengan pembangunan sehingga masyarakat bisa mandiri dan sejahtera. Hal ini dikatakan saat bersama seluruh Bupati dan Walikota se- Provinsi Lampung dalam kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung hasil Kerjasama Kementrian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (persero) Tahun 2020, yang digelar di Ballroom Novotel Bandar Lampung, Selasa (27/10) pagi.
Dalam kesempatan ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberi apresiasi Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Dirjen Pemerintahan Desa dan Pertamina yang sudah menginisiasi agar sumber energi bisa berada di wilayah pedesaan melalui program Pertashop.
“Saya mengapresiasi Kemendagri dan Pertamina yang sudah menginisiasi agar sumber energi bisa berada di wilayah pedesaan melalui program Pertashop. Hal ini selaras dengan Visi Rakyat Lampung Berjaya dan Misi ke-5 saya dan ibu Wakil Gubernur yaitu Membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan,” terang Gubernur.
Dengan diluncurkannya Kartu Petani Berjaya beberapa waktu lalu, lanjut Gubernur Arinal, adanya Pertashop sebagai sumber energi didesa, dapat mendukung kelancaran proses produktifitas pertanian.
“Mimpi saya semua petani dilampung dapat menggunakan alat pertanian seperti traktor, hand traktor, combine harvester, dan lain sebagainya untuk meningkatkan produktifitas pertanian, dengan adanya Pertashop, saya yakin dapat lebih meningkatkan perekonomian dipedesaan terutama dimasa pandemi covid19 saat ini,” ujarnya.
“Pertashop adalah amanah dari Kementrian Dalam Negeri, Mudah-mudahan dalam waktu dekat Lampung sudah dapat menyiapkan titik-titik pembangunan Pertashop dipedesaan untuk mendukung produktifitas petani,” pungkas Gubernur Arinal Djunaidi.
Sementara itu Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, Nata Irawan, SH, MSi menyatakan bahwa Pertashop bertujuan untuk mendekatkan kebutuhan produk pertamina ditingkat desa, selain itu dengan adanya Pertashop diharapkan dapat meningkatkan jiwa entreprener masyarakat, dan merealisasikan program Desa Membangun yang saat ini diusung oleh pemerintah.
Menurut Nata Irawan, Visi Indonesia membangun intinya pada peningkatan kesejahteraan masayarakat desa sebagai garda terdepan pembangunan
“Seperti disampaikan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, ada kurang lebih 300 Pertashop yang siap terbangun di Lampung, Saya ucapkan terimakasih, namun persoalan yang biasanya dihadapi adalah perizinan, jadi saya mohon agar perizinan jangan jadi hambatan, Pertshop membantu menumbuh-kembangkan perekonomian desa.” ucap Dirjen Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan.
Pertashop sendiri adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM nonsubsidi, LPG nonsubsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi.
Adapun Program Pertashop dilakukan dalam mendukung pelaku usaha dan UMKM di Indonesia, Pertamina membuka peluang kerja sama dan kemitraan bisnis hingga ke kawasan perdesaan melalu kemitraan bisnis Pertashop.
Nata Irawan juga menyampaikan bahwa Program kemitraan bisnis Pertashop ini terbuka untuk koperasi serta UKM yang sudah berbadan hukum CV atau PT di seluruh Indonesia. Sampai saat ini sudah ada sekitar 4857 autlet Pertashop siap implementasi dengan target 10 ribu autlet pertahun ditahun berikutnya.
Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penyerahan Buku Petunjuk Teknis Program Pertashop oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Nata Irawan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
Kegiatan juga diisi dengan sesi materi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Kasubdit Fasilitasi Penamaan Dan Kode Desa Ditjen Bina Pemdes Dr A Damenta, dan disampaikan oleh Dirut Bank Lampung Presley Hutabarat, dan Direktur pemasaran regional Subholding Comersial And Trading PT. Pertamina Jumali.
Selain Bupati/Walikota, Sekda, Kepala Dinas PMD Se-Lampung, dan tamu undangan 6ang hadir, kegiatan juga diikuti oleh 100 peserta secara virtual melalui zoom meeting dan disaksikan oleh lebih dari 250 peserta secara live melalui kanal Youtube yang dikelola oleh Dinas Kominfotik Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

The post Gubernur Arinal  : Pembangunan Masyarakat Desa Menuju  Desanya Maju, Mandiri dan Sejahtera appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/gubernur-arinal-pembangunan-masyarakat-desa-menuju-desanya-maju-mandiri-dan-sejahtera/28/10/2020/feed/ 0 22934
Yutuber : Jadi Wali Kota Pendidikan dan Kesehatan Gratis Tetap Prioritas  https://gerbangrepublik.com/yutuber-jadi-wali-kota-pendidikan-dan-kesehatan-gratis-tetap-prioritas/28/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/yutuber-jadi-wali-kota-pendidikan-dan-kesehatan-gratis-tetap-prioritas/28/10/2020/#respond Wed, 28 Oct 2020 00:25:10 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22931 GR ( Bandar Lampung) – Setelah mendatangi warga melalui pintu kepintu, Calon walikota Bandar Lampung Yusuf kohar (Yutuber) kali ini hadir ditengah

The post Yutuber : Jadi Wali Kota Pendidikan dan Kesehatan Gratis Tetap Prioritas  appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR ( Bandar Lampung) – Setelah mendatangi warga melalui pintu kepintu, Calon walikota Bandar Lampung Yusuf kohar (Yutuber) kali ini hadir ditengah tengah warga Kelurahan Kebun Jeruk- Tanjung Karang Timur.  Selasa (27/10/2020).
Dengan jorgan dan yel – yel masyarakat setempat antusias, menyambut kehadiran Yutuber yang didampingi tim sukses.
 “Bandar Lampung Makmur”. twrus dikumandangkan lalu tim sukses membagikan Alat Peraga Kampanye yang sudah disiapkan sebelumnya.
Yusuf Kohar dan tim ikut berdialog dengan masyarakat menjelaskan dengan singkat visi dan misinya, diwntaranyanya pendidikan dan kesehatan program.yang tidak boleh ditinggalkan .
” pendidikan dan kesehatan gratis, tidak akan dicabut”.  Tegasnya.
Sedangkan Mariono warga setempat,  masalah yang dihadapi di wilayah Kebun Jeruk adalah saluran pembuangan rumah tangga atau selokan yang sering mampet kerap membuat lingkungan mereka terkesan kotor.
“Bandar Lampung hatus mempunyai pemimpin yang mampu menepati segala yang dijanjikan saat kampanye, kepada yusuf Kohar khususnya agar setelah jadi Walu Kota harus mewujudkan janji kampanyenya ,” ujar Mariono warga setempat.(rl)

The post Yutuber : Jadi Wali Kota Pendidikan dan Kesehatan Gratis Tetap Prioritas  appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/yutuber-jadi-wali-kota-pendidikan-dan-kesehatan-gratis-tetap-prioritas/28/10/2020/feed/ 0 22931
Yutuber Pastikan Pendidikan Dan Kesehatan Gratis  https://gerbangrepublik.com/yutuber-pastikan-pendidikan-dan-kesehatan-gratis/28/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/yutuber-pastikan-pendidikan-dan-kesehatan-gratis/28/10/2020/#respond Wed, 28 Oct 2020 00:10:20 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22928 GR (Bandar Lampung) – Setelah beberpa titik kampanye door to door di Kelurahan Bandar Lampung, Calon walikota Bandar Lampung Yusuf kohar (Yutuber)

The post Yutuber Pastikan Pendidikan Dan Kesehatan Gratis  appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (Bandar Lampung) – Setelah beberpa titik kampanye door to door di Kelurahan Bandar Lampung, Calon walikota Bandar Lampung Yusuf kohar (Yutuber) lkali ini menyusuri gang sempit di Kelurahan Kebun Jeruk- Tanjung Karang Timur.  Selasa (27/10/2020).
Dengan mengeluarkan yel-yel atau jargon “Bandar Lampung Makmur”. Selain itu sebagian dari mereka membagikan Alat Peraga Kampanye yang sudah disiapkan sebelumnya.
Menurut Yusuf Kohar, pendidikan dan kesehatan menjadi skala prioritas bagi masyarakat secara gratis karena itu misi saya.
“Kedepannya pendidikan dan kesehatan gratis, tidak akan dicabut”.  Tegasnya.
Setelah melalui dialog warga setempat Mariono, masalah yang dihadapi di wilayah Kebun Jeruk adalah saluran pembuangan rumah tangga atau selokan yang sering mampet kerap membuat lingkungan mereka terkesan kotor.
Harapan kami  masyarakat Kebun Jeruk agar kedepannya Bandar Lampung mempunyai pemimpin menepati janjinsaat kampanye “Banyak sekali calon yang menebar janji saat kampanye, namun saya berharap kepada mereka khususnya Yusuf Kohar kedepannya bisa mewujudkan semua janji-janjinya”. Ujarnya.  (rl)

The post Yutuber Pastikan Pendidikan Dan Kesehatan Gratis  appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/yutuber-pastikan-pendidikan-dan-kesehatan-gratis/28/10/2020/feed/ 0 22928
Bupati Pringsewu Hadiri Sosialisasi Juknis Program Pertashop https://gerbangrepublik.com/bupati-pringsewu-hadiri-sosialisasi-juknis-program-pertashop/27/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/bupati-pringsewu-hadiri-sosialisasi-juknis-program-pertashop/27/10/2020/#respond Tue, 27 Oct 2020 14:38:31 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22924 GR (Bandar Lampung) – Bupati Pringsewu H.Sujadi menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung. Program ini merupakan program kerjasama antara

The post Bupati Pringsewu Hadiri Sosialisasi Juknis Program Pertashop appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (Bandar Lampung) – Bupati Pringsewu H.Sujadi menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung. Program ini merupakan program kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dan PT.Pertamina (Persero).
Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr.Nata Irawan di Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (27/10/20) ini juga dihadiri Gubernur Lampung Ir.H.Arinal Junaidi, Direktur Pemasaran Regional IV Pertamina Jumali beserta sejumlah pejabat PT.Pertamina (Persero) lainnya, jajaran Pemprov Lampung juga para bupati dan walikota se Provinsi Lampung.
Gubernur Lampung Ir.H.Arinal Junaidi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kemendagri dan Pertamina yang telah mengupayakan agar sumberdaya energi ini bisa hadir di perdesaan, yang merupakan salah satu solusi untuk memajukan ekonomi kerakyatan. “Program Pertashop ini betul-betul membuat saya senang. Karenanya, saya menyambut baik dan berterima kasih kepada Kemendagri dan Pertamina atas program ini, dalam rangka mendukung program pemerataan energi”, katanya.
Ia mengharapkan agar program Pertashop dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat, dimana ini menjadi sangat penting, terutama dalam suasana pandemi Covid-19.
Program Pertashop ini juga dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan desa, yang merupakan salah satu kunci mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera, sesuai visi Lampung Berjaya.
Gubernur Lampung juga mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung untuk program Pertashop ini mendapatkan alokasi, masing-masing untuk tahap awal sebanyak 21 titik, tahap kedua sebanyak 159 titik, dan untuk tahap ketiga akan diusulkan sebanyak 393 titik, dengan menggandeng Bank Lampung.
Sementara itu, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr.Nata Irawan mengatakan terkait program Pertashop ini, Kemendagri akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara umum kepada pemerintah daerah serta penyelenggaraan pemerintahan desa untuk percepatan pencapaian target program Pertashop.
Karenanya, ia meminta komitmen pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk mempermudah perizinan. “Saya mohon kepada gubernur dan para bupati dan walikota agar persoalan perizinan jangan menjadi halangan. Selain itu, pemerintah daerah agar ikut menyosialisasikan program Pertashop ini dengan tetap berpedoman kepada aturan yang ada”, harapnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu H.Sujadi menyampaikan  pertanyaan terkait bagaimana dengan keberadaan Pertamini yang ada di pekon-pekon atau desa setelah adanya Pertashop ini,  dan apakah perseorangan dapat menjadi mitra Pertashop.
 Terkait hal tersebut, pihak Pertamina mengatakan bahwa pihaknya sering mendapatkan komplain dari masyarakat jika ada kebakaran di Pertamini. Sebab,  Pertamini ini tidak dilengkapi dengan perlengkapan keamanan. Bahkan di Pertamini harganya tidak sesuai dengan harga resmi Pertamina.
Oleh karena itu, program Pertashop ini adalah solusinya, terutama untuk kawasan yang tidak terlayani oleh outlet Pertamina. Selain itu, juga terpenuhinya aspek-aspek yang diperlukan. Dengan Pertashop ini, selain harganya juga tidak mahal, aspek legalitasnya juga terpenuhi.
Kemudian masalah kemitraan Pertashop, selama ini PT, CV, dan koperasi  merupakan badan usaha yang bisa mendapat layanan keuangan dari perbankan dengan mudah. Meskipun, ada beberapa pihak yang menginginkan usaha perorangan. Karenanya, koperasi mungkin menjadi salah satu jalan keluar untuk menjadi mitra Pertashop ini.
(*/ Prokopim Kabupaten Pringsewu / Isnanto Hapsara)

The post Bupati Pringsewu Hadiri Sosialisasi Juknis Program Pertashop appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/bupati-pringsewu-hadiri-sosialisasi-juknis-program-pertashop/27/10/2020/feed/ 0 22924
Pembayaran Publikasi Tidak Transparan, Ketua SMSI Berang https://gerbangrepublik.com/pembayaran-publikasi-tidak-transparan-ketua-smsi-berang/27/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/pembayaran-publikasi-tidak-transparan-ketua-smsi-berang/27/10/2020/#respond Tue, 27 Oct 2020 12:49:45 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22921 GR (Bandar Lampung)-Tidak transparasinyanya pembayaran publikasi terhadap beberapa media siber di Sekretariat DPRD Provinsi Lampung  menjadi persoalan yang harus dibuka secara terang

The post Pembayaran Publikasi Tidak Transparan, Ketua SMSI Berang appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (Bandar Lampung)-Tidak transparasinyanya pembayaran publikasi terhadap beberapa media siber di Sekretariat DPRD Provinsi Lampung  menjadi persoalan yang harus dibuka secara terang benderang, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan besar kenapa ini harus terjadi.

Menurut Ketua SMSI Lampung Donny Irawan, Sekretariat DPRD Provinsi Lampung  harus transparan dalam anggaran untuk media massa.
“Ada indikasi pemaksaan dalam pemotongan yang jumlahnya cukup besar,” kata Donny dalam rapat internal dengan sejumlah anggota SMSI Provinsi Lampung di Sekretariar SMSI, Senin (26/10/2020).
Atas dasar pemotongan tersebut dia meminta kepada Sekretariat DPRD untuk memberikan  data anggaran media massa yang sebenarnya sehingga jelas berapa banyak media yang menjalin kerjasama dengan DPRD Lampung.
Setelah kami himpun dari keterangan beberapa pemilik media yang tergabung di  Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) Lampung Selama ini dana pencairan wartawan siber di DPRD Lampung untuk perbulannya  Rp 2.750.000 kemudian ada pengurangan mencapai Rp 750.000  permedia yang mempublikasikan.
Menurut Donny, di tengah pendemi Covid-10 saat ini, pemotongan  yang mencapai Rp750 ribu sangat terasa bagi wartawan.
“Kalau dihitung-hitung Rp750 ribu dikalikan sekitaran 100 media saja sudah mencapai Rp75 juta,” kata Ketua SMSI yang beranggotakan 138 media siber di Provinsi Lampung.
Sementara itu sekretaris Dewan saat dimintai konfirmasi  via chat WhatsApp terkait masalah diatas belum ada jawaban.
” Kami minta agar Sekretaris Dewan Provinsi bisa menjelaskan masalah keluhan pemilik media siber atas ketidak transparan dalam pembayaran publikasi. Apalagi kondisi saat ini dalam situasi pandemi covid -19, tentu pemotongan ini menjadi masalah,” tegas Ketua SMSI mantan anggota DPRD di Lampung.( red)

The post Pembayaran Publikasi Tidak Transparan, Ketua SMSI Berang appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/pembayaran-publikasi-tidak-transparan-ketua-smsi-berang/27/10/2020/feed/ 0 22921
Satu Keluarga dari Lubuk Linggau Reaktif https://gerbangrepublik.com/satu-keluarga-dari-lubuk-linggau-reaktif/27/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/satu-keluarga-dari-lubuk-linggau-reaktif/27/10/2020/#respond Tue, 27 Oct 2020 12:34:10 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22917 GR (Bandar Lampung) – Pamasangan Posko Covid-19 yang ada di pintu masuk atau perbatasan Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan, oleh Pemerintah Kota

The post Satu Keluarga dari Lubuk Linggau Reaktif appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (Bandar Lampung) – Pamasangan Posko Covid-19 yang ada di pintu masuk atau perbatasan Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan, oleh Pemerintah Kota cukup bagus dengan telah dipulangkannya satu keluarga asal Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Kejadian tersebut terjadi di Pos Covid-19 Tugu Raden Intan, Senin (26/10/2020).
Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung yang berada di Posko Tugu Raden Intan, memulangkan satu keluarga arena hasil tes cepat (rapid test) salah satu dari mereka dinyatakan reaktif.
“Sejauh ini dari 41 orang yang sudah dites cepat di posko ini, ada dua yang reaktif, satu dari Lubuk Linggau sudah kami suruh balik arah dan satu dari Kota Bandarlampung,” kata petugas kesehatan dari Puskesmas Pinang Jaya yang tergabung dalam Satgas COVID-19 Bandarlampung, Santi.
Ia mengatakan bahwa untuk masyarakat yang didapati reaktif saat dilakukan tes cepat tapi bukan warga Bandarlampung, akan langsung diarahkan untuk putar balik agar tidak masuk ke kota setempat. Namun, lanjut dia, apabila ada warga Bandarlampung yang reaktif maka Satgas COVID-19 yang berada di posko perbatasan akan berkoordinasi dan melaporkannya ke Dinas Kesehatan.
Sementara itu, Pasi Ops Kodim 0410/KBL Kapten Dja’far mengatakan bahwa kegiatan rapid test ini guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kota Bandarlampung yang dibawa oleh orang dari luar daerah.
“Karena kita akan memasuki libur panjang dan Lampung merupakan salah satu tujuan destinasi maka Satgas COVID-19 Bandarlampung melakukan antisipasi penyebaran virus ini dengan pemeriksaan rapid test kepada pendatang dari luar daerah,” kata dia, dilansir dari antara, Selasa (27/10). (ha)

The post Satu Keluarga dari Lubuk Linggau Reaktif appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/satu-keluarga-dari-lubuk-linggau-reaktif/27/10/2020/feed/ 0 22917
KSOP Ende NTT Pastikan Dermaga Niaga Maurole Siap Difungsikan Bulan Depan https://gerbangrepublik.com/ksop-ende-ntt-pastikan-dermaga-niaga-maurole-siap-difungsikan-bulan-depan/27/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/ksop-ende-ntt-pastikan-dermaga-niaga-maurole-siap-difungsikan-bulan-depan/27/10/2020/#respond Tue, 27 Oct 2020 10:14:48 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22912 GR, (Ende -NTT) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende memastikan pada awal bulan November 2020 ini dermaga niaga Maurole di

The post KSOP Ende NTT Pastikan Dermaga Niaga Maurole Siap Difungsikan Bulan Depan appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR, (Ende -NTT) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende memastikan pada awal bulan November 2020 ini dermaga niaga Maurole di Kecamatan Maurole Kabupaten Ende akan difungsikan. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende,Chairrudin kepada awak media di Ende, Senin (26/10/2020) .
” Fungsinya untuk melayani masyarakat maupun mobilitas barang dari dan ke Ende melalui pantai utara kabupaten Ende,” jelasnya.
Lebih lanjut masih menurut Chairrudin, pengerjaan dermaga niaga Maurole sudah selesai dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu, namun hingga saat ini belum dimanfaatkan, karena alasan tertentu, namun kita sudah pastikan awal novemver 2020 ini akan kita fungsikan penggunaannya untuk melayani masyarakat maupun mobilitas barang dari dan ke Ende.
Ia menjelaskan KSOP Ende sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat untuk kelancaran acara peresmian dermaga niaga pada awal November 2020 mendatang. Namun saat ini, pihaknya masih melengkapai berbagai fasilitas gedung yang belum ada yakni meteran listrik dan air sehingga pada saat peresmian sudah ada.
“Acara peresmian dermaga dilakukan melalui seremonial adat dengan memotong hewan kurban dan rencananya awal November ini dilaksanakan” Ujarnya.
Chairrudin menambahkan selain untuk aktivitas bongkat muat barang maupun penumpang, dermaga ini juga dimanfaatkan pengangkutan hewan ternak secara resmi ke luar daerah.
Dermaga niaga Maurole ini akan disinggahi kapal-kapal perintis dari berbagai wilayah di antaranya Maumere, Mbay, Reo dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan yakni Jeneponto dan Selayar.
Fasilitas dermaga yang dimiliki antara lain gedung terminal, lapangan penumpukan, rumah dinas untuk kepala wilker sementara panjang dermaga mencapai 60 meter dengan lebar 4 meter. (Paschal Bani)

The post KSOP Ende NTT Pastikan Dermaga Niaga Maurole Siap Difungsikan Bulan Depan appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/ksop-ende-ntt-pastikan-dermaga-niaga-maurole-siap-difungsikan-bulan-depan/27/10/2020/feed/ 0 22912
DWP Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak https://gerbangrepublik.com/dwp-lampung-selatan-gelar-sosialisasi-parenting-pencegahan-kekerasan-terhadap-anak/27/10/2020/ https://gerbangrepublik.com/dwp-lampung-selatan-gelar-sosialisasi-parenting-pencegahan-kekerasan-terhadap-anak/27/10/2020/#respond Tue, 27 Oct 2020 08:34:21 +0000 https://gerbangrepublik.com/?p=22904 GR (KALIANDA) – Diskominfo Lamsel* – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga.

The post DWP Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak appeared first on Gerbang Republik.

]]>
GR (KALIANDA) – Diskominfo Lamsel* – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga. Kegiatan itu berlangsung di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (27/10/2020).

Acara yang dibuka oleh Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar, diikuti pengurus beserta anggota DWP dari unsur sekretariat/badan/dinas/bagian dan kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir juga Ketua DWP Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin beserta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lampung Selatan, Anasrullah.

“Jumlah peserta pelatihan sebanyak 150 orang. Terdiri dari sekretariat/badan/dinas/bagian sebanyak 86 orang, kecamatan 34 orang, dan pengurus DWP sebanyak 30 orang,” tutur Ketua Penyelenggara, Reni Samsurijal.

Ketua Bidang Pendidikan DWP Lampung Selatan ini menambahkan, maksud diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk melaksanakan program kerja bidang pendidikan DWP Kabupaten Lampung SelatanTahun Anggaran 2020.

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu pengurus dan anggota DWP Kabupaten Lampung Selatan sebagai orang tua dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga,” kata Reni Samsurijal.

Sementara, Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi tersebut.

Dirinya berharap, para peserta sosialisasi dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak-anaknya. Sebab menurutnya, sebagai orang tua, anggota DWP harus mampu memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak.

“Jangan sampai kita sebagai orang tua mendidik anak dengan cara yang keras. Didiklah anak-anak kita dengan menerapkan pola didik berkarakter akhlakul kharimah. Agar anak-anak mempunyai filter yang kuat dalam menerima informasi yang diperolehnya dari gadget dan dunia maya,” ujarnya.

Selain itu, istri Pjs Bupati Lampung Selatan ini juga berharap, agar para peserta sosialisasi dapat memahami pola asuh anak yang tepat tanpa kekerasan. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung dalam sosialisasi yaitu, “Kita Tingkatkan Pengetahuan Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga”.

Dengan sosialisasi itu, dia mengajak seluruh peserta agar meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga.

“Berikan perlindungan bagi anak yang menjadi korban kekerasan. Karena keluarga adalah sebaik-baiknya perlindungan bagi anak. Tanamkan sifat keterbukaan dalam keluarga dengan komunikasi yang baik. Tampung semua aspirasi anak, berikan solusi terhadap keluhan-keluhan mereka dan arahkan mereka dalam pergaulan positif,” imbuhnya.

Disamping itu, Pori Karlia juga meminta kepada seluruh peserta agar dapat menyosialisasikan ilmu pengetahuan yang peroleh dalam kegiatan sosialisasi tersebut serta dapat diterapkan ketika mendidik anak dalam keluarga.

“Pesan saya, asuh dan didiklah anak dengan cara yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Aar kita dapat mencegah kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga,” tukasnya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi parenting tersebut menghadirkan dua narasumber.

Narasumber pertama yaitu, Aira Darmayanti Duarsa, SH yang merupakan Tim Profesi UPTD PPA Provinsi Lampung.

Dalam materinya, dia menyampaikan ilmu mengenai ESKA (eksploitasi seksual kekerasan anak) dan upaya pencegahannya.

Narasumber kedua yaitu, Cindani Trika Kusuma, S.Psi, M.Psi yang merupakan Psikolog Klinis-Public Speaker sekaligus Psikolog UPTD PPA Provinsi Lampung.

Dalam penyampaiannya, Dosen Psikologi UIN Raden Intan Lampung ini banyak berbicara tentang pola asuh anak dalam keluarga. (Az)

The post DWP Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak appeared first on Gerbang Republik.

]]>
https://gerbangrepublik.com/dwp-lampung-selatan-gelar-sosialisasi-parenting-pencegahan-kekerasan-terhadap-anak/27/10/2020/feed/ 0 22904