oleh

Dewan Kesenian Lampung Selatan Bakal Tampil Di Festival Kebudayaan Yogyakarta

gerbangtepublik (KALIANDA) – Diskominfo Lamsel* – Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) melakukan kunjungan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DKLS bertolak dari Kalianda menuju Yogyakarta pada Kamis (22/09/2022).

Kunjungan DKLS itu dalam rangka mengikuti Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY), yang diselenggarakan di Taman Kuliner, Condong Catur DIY, pada Sabtu (24/9/2022).

Dalam panggung FKY tersebut, DKLS bakal menampilkan seni dan kebudayaan adat Lampung. Organisasi yang bergerak di bidang seni dan kebudayaan itu juga sekaligus untuk menyerap budaya daerah Yogyakarta yang dikemas dalam agenda Kaji Budaya DKLS 2022.

Ketua Harian DKLS, Ponimin, SE, MM menyatakan, sedikitnya terdapat 30 orang anggota DKLS yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Kampus The Best IIB Darmajaya Miliki Prodi Desain Interior, Satu-satunya di Sumbagsel

“Ya, kita (DKLS) mendapat undangan dari panitia besar FKY. Tentu akan kita penuhi sekaligus anggota DKLS bisa melakukan kaji budaya di daerah Yogyakarta. Jadi, kalau kata pribahasa sambil menyelam minum air,” ungkap Ponimin sebelum bertolak ke FKY, di Masjid Agung Kalianda, Kamis (22/09/2022).

Lebih lanjut Ponimin menjelaskan, penampilan di panggung FKY akan diisi dengan berbagai kesenian adat budaya Lampung. Mulai dari Tari Kreasi Lampung Selatan Ku, gitar tunggal, hingga lagu pop daerah Lampung Pesisir dan Pepadun.

“Kita diberi kesempatan tampil bersama dua daerah lainnya. Kebetulan di tanggal 24 September 2022 itu yang akan tampil dari Kalimantan Timur, Kabupaten Lampung Selatan dan Jembrana Bali,” terang Ponimin.

Baca Juga:  Pencak Silat Porprov Pertandingkan 181 Partai

Ponimin menambahkan, dalam kegiatan FKY tersebut, rombongan DKLS rencananya akan dipimpin langsung Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto. “Kebetulan ibu Ketua Umum kita sedang ada agenda kegiatan di Jakarta. Jadi nanti informasinya beliau akan langsung menyusul bersama ibu Sekda Lampung Selatan, Yani Thamrin,” ujarnya.

Sebelum mengisi panggung FKY, lanjut mantan Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan ini, ada beberapa agenda yang akan dikunjungi DKLS. Diantaranya, melakukan kunjungan ke Dewan Kebudayaan Kulon Progo, DIY.

“Selain itu juga ada kunjungan ke Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), yang berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta,” pungkas Ponimin. (RLS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.