Pesawaran Paparkan Berkas Lomba Kesrag Di Kantor PPK Pusat

oleh

GR (Jakarta) – Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ibu Nanda Indira Dendi, didampingi Kepala Dinas PP dan KB Maisuri serta Kepala Dinas Kesehatan Menyampaikan pemaparan Berkas Lomba Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Tahun 2018 Dengan Lokus Kampung KB terkait di Kantor PKK-Pusat Lantai 1, Jl. Raya Pasar Minggu. Jakarta- Selatan (Senin, 7/1/19).

Hadir Ketua TP PKK Pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Pokja IV (empat) drg. Laksmi Widiastuti,
dan seluruh Anggota Pokja IV
Sekretaris Pokja IV beserta Anggota dan
Ketua TP PKK Seluruh kabupaten / kota Se- Provinsi Lampung.

Dalam sambutan nya Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi, SE., menyampaikan salam dari para kader dan masyarakat kami di Kabupaten Pesawaran Khususnya Masyarakat Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan.

Salam Hangat teruntuk Ibu-Ibu dari Tim Penggerak PKK Pusat, Masyarakat Kami menunggu kedatangan dan kehadiran Ibu-Ibu semua di Desa Bogorejo.

Menurut Ketua PKK Pesawaran, Desa Bogorejo awalnya merupakan Desa tertinggal berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pesawaran Nomor 286/IV.10/HK/2017 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berencana dan Desa Bogorejo menjadi salah satu Desa Kampung KB Kabupaten Pesawaran, sehingga pada Tahun 2017 terbentuk 10 Desa Kampung KB di Kabupaten Pesawaran.

Lanjut Ketua PKK Pesawaran, pada Tahun 2018 Desa Bogorejo Mewakili Kecamatan Gedong Tataan mengikuti Verifikasi Lomba Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan di tingkat Kabupaten Pesawaran.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pesawaran Nomor 423/IV.10/HK/2018 Tentang Penetapan Desa Terbaik Pelaksanaan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan-Kegiatan PKK tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2018, maka ditetapkan Desa Bogorejo menjadi Wakil Kabupaten Pesawaran mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2018. Yang Alhamdulillah pada hari ini dapat mewakili Provinsi Lampung dalam Kategori Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan.

Setelah dibentuk Kampung Keluarga Berencana dan Pembinaan Terpadu lintas sektor yang terus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran bersama-sama dengan masyarakat Desa Bogorejo yang terus memberdayakan keluarganya agar lebih maju, terus berupaya bergotong royong bekerja sama dengan jajaran Pemerintah Daerah Baik Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta masyarakat Desa Bogorejo yang akhirnya Desa Bogorejo tidak lagi tertinggal tapi Desa ini semakin maju dan sejahtera. Adapun Inovasi yang ada di Desa Bogorejo dalam

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan antara lain :
1. Remaja Cinta Balita (ROB)
2. Tarjo Ceria
3. TOSA untuk Balita
4. Taman Bacaan Balita
5. Akupresure dan Ramuan Tradisional di Posyandu Balita dan Posyandu Lansia
6. Pengajian Posyandu Lansia dan Pendidikan Lansia
7. Penanganan Gigi Usia Tua (Nagita) dan Gizi Sehat Lansia (GISELA)
8. Sedekah Sampah
9. Tarjo Siaga. Komunitas Trail Bogorejo
10. Kerjasama Antara BKB dan PIK-Remaja dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif
11. Remaja Genre Dukung Program ASI Eksklusif
12. Bank Sampah
13. Pengelolaan Sampah Biopori
14. Pondok Layanan IVA.
15. Jum’at Ceria dan Gotong Royong.
16. Rumah DataKu dan Perpustakaan Desa
17. Pembuatan KIA Kerjasama Disdukcapil dan TP.PKK
18. Saka Bhakti Husada Peduli Jumantik

Mekanisme operasional lini lapangan di Kecamatan Gedong Tataan dan Desa Bogorejo baik pertemuan lengkap Institusi (PLI) di tingkat desa dan Rapat Tri Komponen (RATRI) PKK-KKBPK-Kesehatan selalu rutin dilaksanakan setiap bulan sebagai wadah penyampaian rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dan mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan.

Ini gambaran sekilas tentang Desa Bogorejo untuk lebih lengkapnya nanti ditunggu ibu-ibu semua di Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran sebagai hadiah Kita semua kepada masyarakat dan seluruh unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran yang mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Kami mengharapkan sekali Ibu – ibu semua dapat berjumpa dengan masyarakat Kami, dan ini merupakan Pesan Khusus dari Bapak Bupati Kami sebagai Dewan Pembina PKK Kabupaten.(rls)